Bawaslu Tetap Awasi Penyaluran Bansos

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa tetap melakukan pengawasan menjelang Pilkada mendatang. Termasuk mengawasi penyaluran Bantuan Sosial agar tidak ditumpangi oleh kepentingan politik salah satu Bakal Calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember mendatang.

“Kami dalam jangka waktu hingga 9 Desember, Tusi (Tugas-fungsi) pengawasan ya tetap. Terutama pengawasan yang menyangkut tentang pelanggaran-pelanggaran. Yang rentan, politik uang atau politik bansos, atau kebijakan yang menguntungkan salah satu balon. Walaupun saat ini belum ada calon. Agar tidak dimanfaatkan. Jangan sampai proses demokrasi ini dicoreng dengan curi start,” kata Lukman Hakim, Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Senin (08/06).

Dijelaskan, pengawasan tersebut terkait tugas dan funsi pengawasan, baik pengawasan tahapan maupun non tahapan. “Karena kita melakukan pengawasan tahapan dan pengawasan non tahapan. Itu yang kita lakukan,” ucapnya.

Ditegaskan, Bawaslu Kabupaten Sumbawa masih menunggu instruksi atau surat edaran Bawaslu RI, untuk mengaktifkan kembali jajaran hingga tingkat bawah. Selain itu, Bawaslu juga menunggu perubahan PKPU tentang tahapan Pilkada, untuk menyesuaikan dengan kegiatan Bawaslu.

“Kami masih menunggu surat edaran untuk pengaktin jajaran bawaslu sampai bawah, maupun instruksi bawaslu RI. Kami juga masih menunggu surat atau perubahan PKPU dari KPU mengenai tahapan, kapan ini dilanjutkan. Baru kami mengikuti. Karena kemarin tahapan coklit dan verfak calon independen, kami tunggu ini. Kalau PKPU tahapannya sudah terbit, kita tinggal menyesuaiakan yang harus kami awasi,” jelasnya.

Ia menekankan, agar dalam teknis proses pelaksanaan pencoblosan, KPU dapat melakukan design teknis agar meminimalisir kerumunan pemilih dalam satu tempat. “Penting ditekankan, teknis proses pencoblosan jangan sampai nanti menimbulkan penularan karena pemilu. Coblos itu kan orang berkumpul, semoga saja KPU bisa mengatur. Tapi kami berharap semoga covid segera berakhir sehingga kita berjalan normal kembali dan aktivitas kembali,” katanya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Yayasan Harapan Project Salurkan Bantuan 400 APD Untuk Pemkab Dompu

Sen Jun 8 , 2020
DOMPU,TRIBUN     Carlos Ferrandiz Pendiri Yayasan Harapan Project di wilayah Lakey Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu kembali menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Dinas Kesehatan Dompu, Senin (8/6/2020).  Bantuan 400 Alat Pelindung Diri (APD) senilai Rp. 400 juta ini diberikan Harapan Projek sebagai bentuk kepedulian kepada Tenaga Medis (Tenaga Kesehatan) […]