Bawaslu Sumbawa Diminta Tetap Jaga Profesionalitas dan Integritas

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi NTB, Hj.Yuyun Nurul Azmi, menekankan jajaran Bawaslu Kabupaten Sumbawa agar tetap menjaga profesionalitas dan menjaga integritas Pilkada mendatang. Selain itu, bawaslu termasuk panwascam musti memahami ketentuan yang mengatur penyelenggaran pemilu.

“Tentunya sebagai wasit, kita harus banyak membaca dan memahami setiap ketentuan terbaru dari bawaslu itu sendiri maupun terkait KPU. Sebab, bawaslu dituntut untuk memahami ketentuan-ketentuan baik yang mengatur bawaslu mapun KPU,” katanya dalam Rapat Koordinasi Penyelesaian Sengketa Acara Cepat Pilkada Serentak 2020 bersama Panwascam, di aula Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Kamis (06/08).

Ia menegaskan, jajaran Bawaslu juga mampu menjaga profesionalitas sebagai pengawas pemilu, dan menjaga integeritas dalam penyelenggaraan pilkada mendatang. Sehingga meskipun memiliki hak pilih atau hak suara, jajaran bawaslu hanya boleh memilih di dalam bilik suara.

“Kita semua punya hak pilih. Tapi kita hanya boleh bersuara ketika kita berada di bilik suara. Semua harus bisa kita tempatkan secara professional, dan menjaga integritas pemilu,” tegasnya.

Sehingga untuk menjalankan tugas, jajaran bawaslu dituntut untuk memiliki pemahaman lebih terkait setiap ketentuan tentang pemilu. “Bawaslu diberikan kewenangan khusus oleh undang-undang pemiliu. Kita dituntut untuk lebih memahami.  Kita harus kuasai PKPU, kita juga harus kuasai Perbawaslu,” ucapnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bawaslu Bangun Komunikasi Dengan Media

Kam Agu 6 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Bawaslu Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Koordinasi dengan seluruh media cetak dan media online di Kantor Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Kamis (06/08). Hadir dalam rapat ini, Kertua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sumbawa yang di dampingi langsung oleh Koordinator Sekretariat dan beberapa orang staff. Ikut hadir juga Ketua PWI […]