Bangga, SMPN 1 Sumbawa, Lepas 275 Anak Didiknya Menuju Keberhasilan

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

SMP Negeri 1 Sumbawa gelar pelepasan 275 siswa kelas IX untuk tahun pelajaran 2016/2017, di lapangan SMP N 1 Sumbawa, Sabtu (20/5). Dalam pegelarannnya, rasa bangga Kepala Sekolah dan para guru terlihat dari keberhasilan para anak didiknya yang telah mencapai pada tingkatan selanjutnya.

Acara dengan tema jadilah siswa yang baik, mampu memiliki nilai-nilai dasar karakter bangsa religius, nasionalis, mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas ini dihadiri oleh Dewan Pendidikan, Ketua Komite sekolah, Komisi IV selaku membidangi pendidikan, Perwakilan Dinas Dikbud Sumbawa, dan juga para siswa kelas IX beserta wali murid.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sumbawa, Sri Irianti S,Pd., MPd mengatakan, pelepasan ini dilakukan setelah anak-anank kelas IX melalui proses ujian yaitu ujian praktek, ujian sekolah, UASBN, dan UNBK. Sementara, untuk pengumumannya pada tanggal 2 juni nanti.

“kegiatan-kegiatan yang kita lakukan ini, terselenggara atas kerjasama dengan orang tua siswa,” Ujar Sri-akrabnya.

Selepas perginya anak kelas IX ini, Sri mengajak para wali mulid untuk selalu membimbing anak-anak mereka, karena prestasi yang didapatkan bukan hanya melalui mata pelajaran yang diterima saja. Namun, dengan penanaman kecerdas secara emosional, spritual dan secara akademik mampu menciptakan prestasi yang belum diketahui pada diri anak-anak tersebut.

Selain itu, Sri menekankan, bagi siswa yang telah lulus di tahun ini agar dapat mengembangkan kecerdasan baik di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga, nama baik almamater dapat dijaga dengan baik.

Dijelaskan, keberhasilan anak-anak ini selain dari input yang sudah bagus, guru-guru yang mumpuni dukungan orang tua dan komite yang sangat luar biasa. Sehingga pihaknya berharap seluruh alumni yang lulus dari SMP N 1 Sumbawa adalah anak-anak yang memililki karakter religius, nasionalis, mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas.

“saya perwakilan SMP Negeri 1 Sumbawa sangat bangga terhadap prestasi yang diraih para anak-anak kelas IX ini. Kami mengharapkan jadilah siswa yang baik, mampu memiliki nalai-nilai dasar karakter berbangsa,” harapnya.

Disebutkan, sudah banyak prestasi yang dicapai ditahun 2016 lalu. Dalam hal ini, saat masih masa siswa kelas IX yang akan lulus ditahun ini. Diantaranya yaitu, Juara 4 OSN IPS Nasional di Palembang, Finalis Indonesia Sains Project Olympiade (ISPO) dan juara 3 lomba penulisan ilmiah siswa nasional (LISN) di jakarta yang diraih oleh Sarifah Fatimah Nissa Talljannah dan Muh Farid Andika, Finayatullah Septiani sebagai Finalis Teknologi Tepat Guna (TTG) di Mataram, Dewa Gede Purnayoda sebagai finalis O2SN volly ball putra.

Kemudian, Nala Julia Syafira sebagai duta jambore Nasional tahun 2016 di cibubur. Juara 1, pramuka lomba tingkat IV (Provinsi) yang kemudian dilanjutkan ke LT V (Nasional) di cibubur. Dalam hal ini 8 anak yang mewakili lomba tersebut, 5 diantaranya duduk dikelas sembilan. Walaupun nanti mereka telah duduk dibangku SMA, dalam mengikuti LT V, mereka masih akan membawa nama SMP N 1 Sumbawa.

Prestasi yang diraih sekolah pun tak kalah pentingnya, dimana SMP N 1 yang pernah berada di level sekolah berstandar nasional menjadi sekolah RSBI. Selanjutnya RSBI yang dihilangkan sehingga SMPN 1 Sumbawa sekarang menjadi sekolah rujukan.

Adapun siswa yang mendapatkan nilai tertinggi. Pada ujian sekolah berstandar nasional, yaitu Yasir Muzakkir dalam ujian pendidikan agama dengan nilai 97, Anindya Fatonah, Ulya Medina Ihzarani, dan Nanang Hidayat dalam ujian pendidikan kewarganegaraan dengan nilai 97, Usamah Daffa Ramadhan dalam ujian IPS dengan nilai 99.

Untuk ujian sekolah dengan nilai tertinggi, bahasa indonesia, Agrina Diya Adzani dengan nilai 98, bahasa inggris nama Finayatullah Septiani dengan nilai 98, Matematika, Pinkan Febrian Maharani, Lnda Yuliana, Putri Elsa, Thalita Aleyda Azzahra dengan nilai 100, IPA, Pinkan Febrian Maharani, Linda Yuliana, Fitri Novia Ramadanti, Nasywa Aulia Safitri dengan nilai 100.

Kemudian, Seni budaya, Putri Senorita, dan Bagus Laksamana dengan nilai 99. Penjas, I Dewa Gede Purna Yasa dengan nilai 97, Teikom, Muhamad Faturrachman Tectona dengan nilai 100, Muatan lokal, Mia Putri Nabilah, Nasywa Aulia Safitri, Thalita Aleyda Azzahra, Syarifah Fatimah Nissatuljannah, Sari Hartakusasi dengan nilai 96.

“Kami mengharapkan dengan prestasi yang kami sampaikan ini, adik-adik kelas mereka bisa termotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik karena selain prestasi yang kita harapkan. Berupa prestasi akademik dan non akademik harapan kami mereka adalah anak yang cerdas secara intlektual, spritual, dan nasional,” pungkasnya. (Ts/010)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sakit, Bupati Dompu Lolos Diperiksa Penyidik Polda

Sen Mei 22 , 2017
MATARAM, TRIBUN Lantara sakit, Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Nusa Tenggara Barat gagal melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Kabupaten Dompu, H Bambang M Yasin (HBY) sebagai tersangka dugaan kasus CPNS K2, Jum’at (19/05) lalu. “Yang bersangkutan tidak bisa datang memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangan, dikarenakan sakit sesuai surat keterangan tentang […]