Bacawabup Dompu Calon Perseorangan Optimis Bisa Penuhi Jumlah Syarat Dukungan Dimasa Perbaikan

DOMPU,TRIBUN

Bakal Calon Wakil Bupati Dompu dari calon perseorangan, Aris Ansyari ST,MT.,mengaku optimis bisa memenuhi jumlah syarat dukungan minimal yang masih kurang dimasa perbaikan.

“Insa Allah tahap dua dimasa perbaikan ini kami optimis bisa memenuhi jumlah syarat dukungan tersebut, kami tidak main-main untuk hal ini, “kata Aris Ansyari dihubungi tribun sumbawa melalui Henpond, Sabtu (25/7/2020).

Menurutnya, tidak memenuhinya syarat dukungan pada pada proses verifikasi faktual tahap pertama karena petugas penghubung (LO) saat mendatangi sejumlah pendukung tidak ditemukan di rumah.

“Kasus paling banyak adalah pendukung tidak berada di rumah karena sedang bekerja ke sawah, ke ladang dan bekerja lainya, “ungkapnya.

Aris Ansyari juga menyebut, banyak suara tidak sah bukan menolak mendukung. Tapi pendukung yang tidak ditemukan, “kami percaya dan yakin hanya satu atau dua saja yang tidak mendukung, karena memang pendukung banyak yang pergi bekerja, “terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Dompu, Drs, Arifudin AK, dihubungi menyampaikan, bahwa dari segi regulasai Bapaslon perseorangan sangat diuntungkan, karena di PKPU regulasi tersebut memberikan kemudahan.

“Peluang bagi calon perseorangan dalam pemilukada Dompu  masih terbuka lebar, “kata Ketua KPU Dompu.

Kenapa masih ada peluang, karena verifikasi factual hasil perbaikan tidak lagi dilakukan secara sensus atau PPS mendatangi dari rumah kerumah. Hal itu sesuai pasal 32 D peraturan KPU nomor 18 tahun 2019.

Description: C:\Users\ACER\New folder\Screenshot_20200720_172400.jpg

Dikatakan, berdasarkan hasil verifikasi minimal perbaikan, maka PPS melakukan verifikasi factual secara kolektif dengan cara melakukan koordinasi dengan bakal calon tim penghubung untuk menghadirkan pendukung diwilayah desa/kelurahan. Pun, petugas penghubung (LO) bisa menghubungi pendukung untuk mendatangi PPS dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan Covid-19.

    “Verifikasi faktual kolektif perbaikan dengan mengedepankan protocol kesehatan covid-19.”ungkap Ketua KPU Dompu.

    Arifudin juga menjelaskan, bahwa syarat mendaftar bagi Paslon perseorangan minimal mengantongi dukungan sebanyak 16,218 pendukung. Sementara pada hasil akhir pleno rekapitulasi  dukungan paslon perseorangan Kabupaten Dompu yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 8,246. Sehingga syarat yang masih kurang seanyak 7,972.

“Paslon perseorangan wajib menyerahkan dua kali lipat dari kekurangan atau sejumlah 15.944 dari dukungan hasil perbaikan ke KPU Dompu mulai tanggal 25-27 Juli 2020, “jelasnya.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Ajak Pelaku UKM Optimis Hadapi Pandemi

Sab Jul 25 , 2020
Jakarta, Tribun-sumbawa.com – Di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (24/07), Presiden Joko Widodo kembali menyerahkan bantuan modal kerja kepada 65 pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor. Pembagian tersebut dilakukan dalam dua sesi terpisah sebagai upaya mematuhi protokol kesehatan. Presiden Joko Widodo […]