APBDes Wajib Anggarkan Penanganan dan Pecegahan Penyebaran Covid-19

Sumbawa Besar, Tribunsumbawa.com – H.Hasan Basri, Sekda Sumbawa menegaskan, pemerintah desa melalui APBDes wajib menganggarkan penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19. Sedangkan bagi kepala desa yang baru dilantik, relokasi APBDes akan didampingi oleh camat masing-masing.

“Dana desa itu ada kewajiban harus merelokasi anggaran desa dengan persentase minimal yang ditentukan untuk penangan covid-19. Yang baru dilantik kemarin, kita minta camat untuk damping membantu untuk merubah apbdes untuk penanganan covid-19,” kata dia di ruang kerjanya, Kamis (23/04).

Sehingga, apabila disatu desa terdapat masyarakat yang tengah melaksanakan isolasi mandiri ataupun protokol covid-19 lainnya, maka terdapat anggaran untuk mendukung. “Sehingga kalau ada orang yang diisolasi dan sebagainya, ada dana desa, dan itu wajib,” tegasnya.

Diungkapkan, rapat evaluasi yang digelar beberapa waktu lalu bersama gugus tugas, ditekankan penyeragaman penanganan dan tindakan baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa. Termasuk dalam memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang protokol kesehatan untuk menecegah penyebaran covid-19.

“Di kecamatan bisa seragam, bagaimana penanganan, bagaimana memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat tentang anjuran yang disampaikan itu. Bagaimana penanganan terhadap semua kegiatan-kegiatan itu. Ya harus seragam, kan sudah ada surat edarannya. Sudah ada petunjuknya, dan paling penting memberikan pemahaman kepada masyarakat. Jangan sampai kita suruh cuci tangan, tapi tidak ada yang pakai-pakai juga di desa. Ada tindaklanjut, disetiap kecamatan dan desa. Itu kemarin disampaikan oleh pak dandim, pak kapolres, pak kajari, tentang itu,” jelasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

STP Sumbawa Mulai Terima Sampel Swab, Pemda Akan Uji ODP

Kam Apr 23 , 2020
Sumbawa Besar, Tribunsumbawa.com – Direktur Rumah Sakit Manambai Abdulkadir, dr.Arindra Kurniawan, didampingi ketua tim gugus tugas, H.Hasan Basri mengatakan, akan mulai mengirim sample swab ke Science and Techno Park (STP) Sumbawa mulai jum`at (24/04). Sehingga hasil uji swab pasien RSMA dapat diketahui lebih cepat dari sebelumnya. “Sudah saya konfirmasi direktur […]