Angka Partisipasi Pemilih di Pilkada Dompu Tertinggi di NTB Dengan Raihan 93,53 Persen

DOMPU,TRIBUN

Tingkat partisipasi pemilih menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan Pemilu, karena dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi akan memperkuat sebuah Negara.

Penyadaran kepada para pemilih atas pentingnya pemilihan umum harus dilakukan secara bersama seluruh pemangku kepentingan, hal itu yang telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu 9 Desember 2020 lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, angka pertisipasi pemilih di Pilkada Dompu tahun 2020 menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Dimana angka partisipasi pemilih mencapai 93,53 %.

“Dari delapan Kecamatan di Kabupaten Dompu yang tertinggi Kecamatan Dompu dengan partisipasi pemilih, 96,95 %, disusul Hu’u 96,93 %, Kilo 93,68%, Manggelewa 93,26%, Woja 92,53%, Pajo 91,68%, Kempo 90,77% dan Pekat 90,76%, “kata Sulastriana SE, Ketua Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Dompu ditemui dikantornya, Selasa (15/12/2020).

Srikandi KPU Kabupaten Dompu ini juga mengatakan, dengan raihan partisipasi pemilih 93,53 % ini menempatkan Dompu tertinggi dengan partisipasi pemilih di Provinsi NTB dan berada diurutan ke Lima untuk Nasional.

“Tingginya angka partisipasi pemilih ini tidak terlepas dari semua pihak, baik penyelenggara pemilu, masyarakat sebagai pemilih, Parpol lewat kampanye yang terus meyakinkan pemilihnya untuk ke TPS, juga media yang terus memberitakan kegiatan KPU Dompu, “ungkapnya.

Hal yang juga diapresiasi Sulastriana adalah penerapan protokol kesehatan di Pilkada tahun ini. Dimana kata dia, penerapan protokol kesehatan di Pilkada 9 Desember 2020 berjalan baik.

“Rupanya upaya kita dalam melakukan sosialisasi selama ini ternyata punya dampak yang sangat luar biasa. Padahal Pilkada tahun ini kita gelar di tengah masa pandemic, dan saya bangga karena partisipasinya yang sangat luar biasa, “tutup Sulastriana.(TS/RF).

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPU : Bila Ada Sengketa, Penetapan Pemenang Tunggu Hasil MK

Rab Des 16 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – KPU Sumbawa telah melakukan rapat pleno terbuka tingkat kabupaten Rabu (16/12), untuk menetapkan perolehan suara Pilkada 2020. Namun bila terdapat keberatan dan teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK), maka penetapan calon terpilih menunggu hasil keputusan MK. “Setelah tahapan ini ada tahapan penetapan Paslon terpilih. Tahapan ini akan […]