RSMA Kantongi Izin Kelola Limbah B3 Covid-19

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) telah mulai melakukan pengolahan limbah B3 secara mandiri, setelah mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sehingga dapat mengurangi beban anggaran yang musti dikeluarkan rumah sakit kepada pihak ketiga untuk mengelola limbah B3.

“Sudah diterima permohonan kami, untuk diterima permohonan pengolahan limbah B3 oleh kementerian LH. Jadi dikelola disini langsung. Karena selama ini, kita pakai pihak ke tiga untuk limbah-limbah itu. Terutama limbah covid, itu kan convecsius. Jadi kita pakai pihak ke tiga,” kata dr.Arindra Kurniawan, Direktur RSMA di ruang kerjanya Senin (14/09).

Diungkapkan, izin pengolahan tersebut diberikan oleh Kementerian LH bersifat sementara atau selama pandemic covid-19. Sebab untuk mendapatkan izin penglolahan limbah B3 permanen musti mendapatkan beberapa rekomendasi.

“Oleh kementerian LH, kita mendapatkan izin sementara selama pandemic untuk pengolahan limbah B3 kita menggunakan insenerator. Untuk izin tetap ada beberapa rekomendasi yang harus disiapkan. Tapi selama pandemic ini, kita diperbolehkan untuk menggunakan alat yang ada untuk pengolahan limbah B3. Minggu kemarin kita dapat SK-nya dari kementerian. Sudah jalan pengolahannya sendiri untuk pengolahan limbah yang covid ini,” jelasnya.

Dikatakan, izin tersebut sekaligus mengurangi beban anggaran hingga ratusan juga oleh rumah sakit yang musti dikeluarkan kepada pihak ke tiga. “Dan itu bisa mengurangi beban anggaran yang kami keluarkan. Karena kalau memakai pihak ke tiga, kita harus membayar per kiloanya aja berapa. Kalau gak salah sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribuan. Apalagi limbah covid itu kan banyak, baik kebutuhan pribadi itu kan semua jadi limbah. Bekas makan saja jadi limbah invecsiu. Itu yang menjadi berat, jadi bayar ke pihak ke tiganya juga bisar, bisa jadi ratusan juta setiap bulan,” katanya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekda Kota Bima Tinjau Ujian SKB CPNS

Sel Sep 15 , 2020
Kota Bima, Tribun-sumbawa.com – Berdasarkan surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional X, tentang jadwal SKB CPNS formasi 2019.Pemerintah Kota Bima menggelar tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2019 mulai Senin 14 September hingga 18 September 2020. Kegiatan ujian yang dilaksanakan selama 5 hari […]