Disnakeswan Vaksin Sekitar 18 Ribu HPR

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) telah melakukan vaksi rabies terhadap lebih dari 18 ribu ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Sumbawa. Dan sejauh ini, telah ditemukan kasus positif pada enam kecamatan yakni, Kecamatan Tarano, Empang, Labangka, Plampang, Maronge, dan Kecamatan Moyo Hulu.

“Hingga 4 september yang di VAR (Vaksin Anti Rabies) 444, SAR (Serum Anti Rabies) 19 orang. HPR yang menggiti 436 ekor. Sample HPR positif 75 ekor, HPR negative 98 ekor. Anjing yang divaksin 12.962, kucing 5.035, sedangkan HPR lain itu 84 ekor. Vaksin total 18.081 ekor. Yang kita eliminasi hpr anjing liar 5.831 ekor,” kata Kepala Disnakeswan, melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Vetriner, Drh. Edy Putra Darma di ruang kerjanya, Senin (07/09).

Diungkapkan, dari 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa, 21 diantaranya telah terjadi kasus gigitan HPR khususnya anjing liar. Sedangkan tiga kecamatan yang belum ditemukan kasus gigitan yakni Kecamtan Orong Telu, Kecamatan Moyo Utara dan Kecamatan Lantung.

Dari 21 kecamatan yang ditemukan kasus gigitan tersebut, enam diantaranya terkonfirmasi positif. Yakni Kecamatan Tarano, Empang, Labangka, Plampang, Maronge, dan Kecamatan Moyo Hulu. “Kita jaga di ring I dan II, muncul di Maronge. Kita hadang di Lape, muncul di Moyo Hulu,” ucapnya.

Dijelaskan, sedangkan kasus gigitan di Desa Tede Kecamatan Lopok yang terjadi belum lama ini, masih menunggu hasil uji lab. “Yang di lopok masih kita kirim sample. Nanti yang tentukan darah positif itu, balai besar Veteriner. Artinya meskipun itu ada gigitan, positif atau negative itu berdasarkan hasil uji lab,” katanya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satu Kasus Positif Rabies Ditemukan di Moyo Hulu

Sen Sep 7 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – H.Junaidi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa mengatakan, telah terkonfirmasi satu kasus positif gigitan rabies di Kecamatan Moyo Hulu. Satu sample positif tersebut merupakan dari kasus gigitan di Kecamatan Moyo Hulu di dua lokasi, yakni di Semamung dan Marga Karya. “Awalnya di Ring I […]