Bawaslu dan KPU Samakan Pemahaman di Evaluasi Coklit

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Bawaslu Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Koordinasi evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan coklit, di Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Selasa (29/07). Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu mengundang Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa, agar tercipta kesepahaman dalam proses coklit kedepan.

“Kami mengundang Panwas Kecamatan beserta staf untuk melihat perkembangan hasil pengawasn pencoklitan, dari 15 sampai sekarang 29. Sebab dalam melakukan pengawasan kita lakukan secara periodic kemudian dievaluasi. Ini evaluasi periodic pertama. Kami pengawas dalam rapat evaluasi mengganden teman-teman KPU untuk bisa samakan pemahaman di tingkat bawah. Agar nanti KPU ditingkat bawah teknisnya seperti apa, kita pengawasannya seperti apa. Agar ada pemahaman yang sama untuk sinkronkan persoalan ada,” kata Syamsi Hidayat, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Selasa (29/07).

Diungkapkan, evaluasi periodic yang dilakukan Bawaslu, agar data DPS maupun DPT nantinya telah menjadi data akurat. Dan setiap warga negara yang layak, dapat menggunakan hak pilih di Pilkada Sumbawa 9 Desember mendatang.

Ia menekankan, coklit juga musti fokus dilakukan terhadap pemilih baru, baik pensiunan TNI dan Polri maupun setiap warga negara yang telah berusia 17 dan belum pernah menikah. “Pemilih baru ini, agar betul-betul dapat dilakukan pencoklitan oleh teman-teman jajaran KPU di tingkat bawah. Dan kami melakukan pengawasan lebih intens, meskipun dalam aturan itu kita lakukan pengawasan dengan system sampling dalam pencoklitan ini,” katanya.

Selain itu, proses pencoklita diharapkan juga untuk memperhatikan setiap warga yang telah meninggal dunia, benar-benar telah keluar dari data pemilih. “Kita harap teman-teman pengawas memahamai teknis, agar dibawah ada pemahaman yang sama tentang pencoklitan ini,” ucapnya, juga mengatakan, evaluasi coklit tetap akan dilakukan selama periode pengawasan coklit hingga periode ke-4 nanti. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembangunan Sentra Industri Garam Sumbawa Kembali Berlanjut

Rab Jul 29 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – pembangunan sentra industry kecil menengah garam di Labuhan Bontong yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PErindustrian RI kembali berlanjut. Sebelumnya, pembangunan sempat dihentikan karena pandemic covid-19. “Ini kegiatan sudah dimulai diawal tahun. Sudah ada gambar, RAB dan lainnya. tapi karena kebijakan situasional pandemic covid, […]