Sholat Idul Adha Dibolehkan Digelar Dilapangan dan Masjid Dengan Mengikuti Protokol Covid-19

DOMPU,TRIBUN

    Penyelenggaraan salat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi yang jatuh pada 31 Juli 2020 dibolehkan digelar di lapangan dan masjid. Namun pelaksanaannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) RI Nomor 18 Tahun 2020 tertanggal 30 Juni 2020. Selain itu, surat edaran tersebut juga mengatur tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai petunjuk penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Dompu, Drs, H. Syamsul, H Ilyas, M.Si., ditemui dikantornya, Senin (6/7/2020) menjelaskan, surat edaran Menag RI itu dimaksudkan agar masyarakat tetap produktif dan aman dari Covid-19.

“Jadi isinya sebagai petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan salat Idul Adha dengan penyesuaian pelaksanaan tatanan kenormalan baru (new normal),”katanya.

Dikatakan, dalam surat edaran disebutkan menyangkut ketentuan tempat penyelenggaraan kegiatan salat Idul Adha. Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita dari Kemenag Dompu sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah daerah tentang pelaksanaan sholat Idu Adha di tengah pandemic Covid-19. Dan Pemda Dompu juga menyetujui sholat Idul Adha dilaksanakn secara berjamaah baik dilapangan dan Masjid dengan tetap mengedepankan protocol Covid-19, “ungkapnya.

    Kakan Kemenag juga menambahkan, khotib pada pelaksanaan sholat idul Adha tahun ini dipercayakan kepada Drs, H. Moh Nasuhi,M.Si. Selain itu, kegiatan takbir keliling ditiadakan dan diarahkan pada syiar islam saat malam takbir di masjid dan mushola sehingga syiar islam terbangun di Kabupaten Dompu.

    Sementara Kabag Kesra Setda Dompu, Drs, Tarmiji., ditemui dikantornya menyampaikan, berdasarkan keputusan rapat pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi dilaksanakan secara berjamaah dilapangan dan masjid namun tetap mengedepankan protocol Covid-19.

    “Protokol Covid-19 wajib diikuti selama pelaksanaan sholat idul adha, “terangnya.

    Kabag Kesra menambahkan, pelaksanaan sholat idul Adha di masa pandemic Covid-19 sekaligus uji coba bagi Pemerintah Daerah Dompu. Karena kalau kegiatan ini berhasil, maka pelaksanaan upacara hari kemerdekaan dimasa pandemic Covid-19 juga akan dilaksanakan secara meriah. 

    “Jika tidak ada warga Dompu yang terpapar virus corona usai melaksanakan sholat idul adha, maka pemda akan melaksanakan kegiatan upacara hari kemerdekaan secara meriah juga, “ungkapnya.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

R-APBN 2021 Harus Antisipasi Ketidakpastian

Sel Jul 28 , 2020
Jakarta, Tribun-sumbawa.com – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk tetap waspada dan mampu mengantisipasi setiap kemungkinan, termasuk dalam merancang postur APBN Tahun 2021 mendatang. Meskipun Indonesia diproyeksikan masuk ke dalam kelompok negara dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Tiongkok. Sebab, Situasi ekonomi global hingga kini masih berkembang sangat dinamis dengan pandemi […]