Bawaslu Evaluasi Pelaksanan Verifikasi Faktual

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa kembali melaksanakan Rapat Internal untuk mengevaluasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan pada Pilkada Serentak Tahun 2020, Sabtu (04/07). Agar pelaksanaan verifikasi faktual tetap berjalan maksimal.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi hidayat menyampaikan, terkait pengawasan proses Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan yang tengah dilaksanakan oleh Pengawas Kecamatan beserta jajaran Pengawas Kelurahan/Desa, agar berkoordinasi dengan kabupaten bila menamui kendala. “Untuk terus memperhatikan segala bentuk tugas dan fungsi pengawas di lapangan dan selalu berkoordinasi dengan pihak Kabupaten apabila pada saat melaksanakan pengawasan Verfak terdapat masalah masalah atau kendala kendala di lapangan, baik itu berupa perbedaan data atau proses pelaksanaannya,” katanya.

Selain itu, dalam melaksanakan tugas pengawasan dalam tahapan verifikasi faktual, juga musti tetap menjalin komunikasi dan koordinasi dengan jajaran KPU. Agar tetap terjaga kesesuaian data dan hasil verifikasi faktual.

“Terkait data teman-teman dalam melakukan pengawasan Verfak agar selalu berkoordinasi dengan teman teman KPU di lapangan. Jangan sampai apa yang menjadi tugas dan fungsi teman teman di lapangan sebagai pengawas tidak bisa dilaksanakan secara maksimal serta mengharapkan kepada teman teman Panwascam berserta jajaran Pengawas Kelurahan/Desa untuk serius dan teliti dalam melaksanakan tugas, serta selalu menjaga kesehatan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan, Hamdan, menekankan jajaran Panwascam agar mengikuti mekanisme pengisian Form secara benar. Serta terus memperhartikan segala bentuk kemungkinan permasalahan yang bisa terjadi dalam proses Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan oleh KPU beserta jajarannya.

“Pengawasan tahapan Verfak Dukungan Bakal Calon Perseorangan, agar Pengawas Kecamatan terus mendampingi Pengawas Kelurahan/Desa dalam mengawal proses Verifikasi Faktual yang dilaksanakan oleh jajaran KPU, serta segala bentuk permasalahan ataupun apa yang menjadi kendala di dalam proses Verfak tersebut bisa segera di koordinasikan dengan pihak KPU di lapangan maupun Bawaslu Kabupaten sehingga kemungkinan terjadinya sengketa bisa teratasi,” tegasny.

Rapat Evaluasi ini di hadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsihidayat, S.IP selaku koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin, Anggota Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Hamdan, S.Sos.I selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Ruslan, S.Pd. dan Anggota Panwascam yang dalam hal ini di wakili oleh kordiv Pengawasan serta beberapa staff Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sumbawa. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepengurusan SMSI Kabupaten Sumbawa Segera Dibentuk

Sab Jul 4 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Propinsi NTB, H. Sukisman telah memberikan mandat koordinator PWI Pulau Sumbawa, Jamhur Husain sebagai ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Dan sebagai bentuk tidak lanjut mandat tersebut, dalam waktu dekat kepengurusan SMSI Kabupaten Sumbawa segera dibentuk. “Saya terima surat mandat dari […]