Bawaslu Nilai Tiga Oknum Pendamping Desa Langgar Kode Etik

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, menilai tiga orang oknum pendamping desa di Kecamatan Tarano dan Kecamatan Empang melanggar kode etik netralitas dalam politik. Sehingga Bawaslu melayangkan surat rekomendasi ke provinsi yang ditembuskan ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, untuk diberikan teguran atau pembinaan.

“Terkait dengan dugaan pelanggaran oleh tiga oknum pendamping desa yang ada di kecamatan empang dan tarano. Karena itu masuk laporan, dan kami tetap tindak lajuti. Personal mereka terindikasi terlibat dalam salah satu paslon,” kata Syamsi Hidayat, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Kamis (02/07).

Diungkapkan, Bawaslu Kabupaten Sumbawa telah melakukan pendalaman dari laporan masyarakat terhadap dugaan keterlibatan tiga pendamping desa tersebut dalam satu calon yang akan maju di pilkada mendatang. “Dan kami sudah melakukan pembahasan terkait dengan itu, dan dalam aturan memang diduga melanggar kode etik dan aturan yang ada terkiat pendamping desa tersebut,” jelasnya.

Diungkapkan, dengan pelanggaran tersebut, Bawaslu telah menyampaikan surat rekomendasi ke Provinsi yang ditembuskan ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, agar oknum pendaping desa tersebut diberikan teguran atau pembinaan. “Dan tindaklanjutnya, ini bisa dikatakan melanggar undang-undang lain. Kita sudah merekomendasikan tiga pendamping desa itu ke lembaga tempat bernaung. Otomatis pendamping desa berada di bawah kementerian desa. Kita sudah rekomendasikan kepada pendamping desa yang ada di provinsi. Karena itu yang memiliki kewenangan untuk melakukan evaluasi yang ada di jajaran tingkat bawah. Dan kami sudah menembuskan kepada PA pendamping desa yang ada di kabupaten,” ucapnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kelurahan Paruga Salurkan JPS Setara Tahap II Kepada 329 KK

Jum Jul 3 , 2020
Kota Bima,Tribun-sumbawa.com – Program Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Setara Tahap Kedua mulai disalurkan di Kelurahan Paruga Jumat (03/07). Dan rencanannya akan di selesaikan hari ini juga dengan membagikan bantuan tersebut kepada sasaran yang telah di tetapkan. Lurah Paruga Kamaluddin,S,T menyampaikan, pelaksanaan pembagian tahap kedua yang disalurkan untuk masing-masing Kepala […]