Kapolres Dompu : Stigma Dompu Rawan Konflik Saat Pemilukada Harus Dihilangkan Dengan Sinergitas Semua Unsur

DOMPU,TRIBUN

    Meski Dompu telah dipetakan sebagai salah satu daerah yang rawan konflik saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi NTB. Namun, stigma itu dapat dihilangkan ketika sinergitas itu berjalan secara intens antar semua unsur yang terlibat.

“Kesuksesan pilkada damai itu akan terwujud jika seluruh elemen masyarakat bersama aparat keamanan TNI-Polri secara konsisten mengawal pelaksanaan pilkada, “kata Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH,S.I.K ditemui usai mengikuti puncak peringatan hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020 di Mako Polres Dompu, Rabu (1/7/2020).

Dikatakan, untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman jauh dari konflik tentunya masyarakat harus mampu memberikan partisipasi demokrasi yang positif, sehingga tidak terjadi pergesekan antar konstituen atau pendukung masing-masing pasangan calon.

“Proses demokrasi ini akan berjalan dengan baik ketika sinergitas itu berjalan secara intens antar semua unsur yang terlibat, sehingga tidak salah melangkah dalam mengambil keputusan yang keluar dari aturan mainnya, “ungkapnya.

    Dia menambahkan, fungsi yang melekat pada aparat keamanan dalam mengamankan pilkada harus didukung semua elemen masyarakat, “semua elemen masyarakat harus berperan aktif dalam menggiring proses demokrasi yang sebenarnya sehingga berlangsung secara berkeadilan, ”terangnya.

    Ditanya pola khusus apa yang diterapkan untuk meminimalisir kerawanan Pilkada, Kapolres mengatakan,  bahwa pihaknya telah mendatangi Bacabup dan Bacawabup Dompu. Tujuanya, menghimbau kepada peserta pemilu untuk melaksanakan Pilkada dengan santun, damai dan elegen untuk kebaikan semua.

    “Semua Bacabup dan Bacawabup Dompu sudah kita sambangi dan mereka mendukung untuk menciptakan Pilkada yang santun dan damai, “ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com