Daerah Kesulitan Danai Anggaran Tambahan Pilkada

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa, H.Junaidi menegaskan, anggaran daerah yang bersumber dari APBD, kesulitan untuk mendanai anggaran tambahan pelaksanaan pemilihan kepadala daerah yang sedianya akan digelar akhir tahun ini. Sebab, anggaran daerah saat ini fokuskan untuk penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19.

“Kalau untuk tambahan anggaran Pilkada, kita daerah kesulitan. Anggaran Pilkada kan sudah dialokasikan, dan tidak diganggu. Sudah disiapkan. Didalam anggaran awalnya cukup besar itu, alot kita bahas dulu,” katanya.

Ia berharap, baik KPU maupun Bawaslu Kabupaten Sumbawa melakukan perombakan atau realaokasi belanja yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebab, kondisi keuangan daerah disiapkan untuk penanganan, pencegahan dan atisipasi covid-19.

“Itu kan banyak biaya rapat, sppd, dan ini itu. Kami berfikir, bisa dari dana-dana yang sudah dianggarkan itu, dan tidak urgen bisa dilakukan penyesuaian. Biaya rapat banyak, perjalanan juga banyak. Kami berharap dapat merevisi kembali rencana awalnya, penyesuaian. Karena jumlah dananya cukup besar,” jelasnya.

Diungkapkan, APBD II sangat kesulitan untuk mendanai anggaran tambahan Pilkada, sebab anggaran seluruh OPD sudah dipangkas dan direalokasikan ke penanganan covid-19. “Sama juga dikita ini, biaya rapat, biaya perjalanan, kita rasionalisasi. Teman-teman KPU Bawaslu kita minta juga memahami kondisi kita. Kita harapkan juga ikut menerapkan pola yang diterapkan di apbd kita yang sekarang ini lakukan penghematan, realokasi. Biaya rapat di semua OPD itu diambil ini.

Sehingga, KPU dan Bawaslu musti kreatif melakukan perombakan anggaran, dan mempertimbangkan kemampuan daerah. Agar seluruh agenda baik penanganan dan pencegahan covid-19 maupun Pilkada dapat berjalan bersama.

“Tambahan itu kembali akan membebani APBD kita, sementara kondisi APBD kita sudah seperti ini.  Sehingga, baik Bawaslu maupun KPU Kabupaten Sumbawa musti kreatif melakukan perombahakan belanja anggaran yang telah disepekati sebelumnya. Covid-ini prioritas ini, anggarannya dalam bentuk berjaga-jaga. Agar semua bisa berjalan bersama-sama, penanganan dan pencegahan covid bisa jalan, pilkadanya jalan,” ucapnya. (Ts/011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com