KPU Sumbawa Siapkan Dua Opsi Tambahan Anggaran Pilkada

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – KPU Kabupaten Sumbawa telah mengkalkulasikan kebutuhan anggaran tambahan untuk pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang. Penambahan anggaran tersebut, karena adanya penambahan beberapa item belanja yakni penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

“Saat ini kami juga sedang mengkalkulasi kebutuhan anggaran untuk laksanakan pilkada dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19,” kata Muhammad Kaniti, Koordinator Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (04/06).

Dijelaskan, dari hasil kalkulasi terdapat dua skema pengajuan tambahan anggaran, yakni pertama, penambahan sebesar Rp 1,17 Milliar atau kedua, penambahan sebesar Rp 8,55 Milliar. Penambahan tersebut terhitung untuk antara lain pengadaan masker,  sabun cuci tangan, disinfektan dan pelindung wajah.

Sedangkan skema kedua, ditambah dengan pemeriksaan rapid test yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Sumbawa terhadap seluruh komisioner dan secretariat, PPK 24 Kecamatan, 165 PPS, hingga PPDP. “Berkembang juga kemarin, yang melaksanakan rapid test bukan KPU tapi gugus tugas. Kalaupun dilaksanakan (oleh KPU, red), anggarannya segini,” jelasnya.

Dikatakan, tambahan tersebut telah disampaikan ke KPU Provinsi maupun KPU RI. Dan oleh KPU RI diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah masing-masing. Bila kemampuan keuangan daerah tidak memungkinkan, KPU RI akan mengkoordinasikan tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan RI.

“Ada pilihan, pertama kita memang diminta untuk berkoordinasi dengan pemda masing-masing. Kalau memang anggaran pemda tidak mampu, KPU RI koordinasi dengan menteri keuangan untuk tambahan anggaran itu. Memang dalam Diskusi, KPU RI juga mengakui saat ini tidak banyak daerah mampu. Kalau mengacu ke kamampuan viscal kabupaten sumbawa ini masuk dalam kategori sedang. Mungkin jadi pertimbangan oleh KPU RI bagi daerah yang kemampuan viscalnya sedang lemah dan tinggi. Apakah ada kesanggupan pemda, atau kemampuan anggaran kita belum tahu ini,” jelasnya. (Ts/011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com