BWS Telah Konstultasi Susun AMDAL Jaringan-DI Bendungan Beringin Sila

Sumbawa Besar, Tribunsumbawa.com – Balai Wilayah Sungai telah berkonsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, untuk melakukan konsultasi public penyususnan dokumen AMDAL Daerah Irigasi (DI) Bendungan Beringin Sila. Nantinya, konsultasi public akan dilakukan sesuai protokol kesehatan berdasarkan edaran Kementerian Lingkungan Hidup RI.

“Teman BWS sudah berkonsultasi tentang penyusunan bangunan AMDAL Daerah Irigasi. Sekarang ini AMDAL jaringan Daerah Irigasinya, bendungan lain. Bendungannya sudah ada, sekarang DI-nya. Kalau bendungannya itu kewenangan provinsi, DI-nya kewenangan kabupaten,” kata Kepala Dinas LH melalui Kepala Seksi Kajian Dampak Lingkungan sekaligus Sekretaris Tim Teknis AMDAL, Aryan Perdana Putra, Kamis (28/05).

Dikatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa telah diminta untuk melakukan konsultasi public sebagai bentuk pelibatan masayarakat dalam penyusunan dokumen AMDAL. “Kami sudah diminta untuk memberikan arahan terkait dengan konsultasi publik. Karena bentuk pelibatan masyarakat di AMDAL itu, kan masyarakat diminta saran dan masukan,” jelasnya.

Ditegaskan, nantinya konsultasi public tidak dilakukan dengan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, atau bertatap muka langsung. Tapi akan dilakukan dengan cara berbeda dengan tujuan yang sama, misalnya kuisioner.

“Karena covid dan edaran kementerian lingkungan hidup, konsultasi public itu dilakukan dengan cara lain dengan tujuan yang sama. Kita minta dengan protokol covid, apakah nanti dengan kuisioner atau apa. Tapi ada saran masukan yang bersumber langsung dari masyarakat,” jelasnya.

ia menegaskan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, tetap mendukung proses pembangunan dengan menjadikan lingkungan sebagai tolok ukur atau dasar pelaksanaan pembangunan. “Mudah-mudahan tidak terganggu dengan covid. Kami selalu support proses pembangunan di sumbawa ini tetap pertimbangkan lingkungan sebagai tolok ukur atau menjadi dasar pelaksaan pembangunan,” katanya. (Ts/011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com