Pemkab Dompu Tetapkan Sholat Id Dilaksanakan di Rumah Masing-Masing

DOMPU,TRIBUN
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin.,menetapkan pelaksaan Sholat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Kabupaten Dompu dilaksanakan di rumah masing-masing.Keputusan itu tertuang dalam poin C Keputusan Bupati bernomor 450/35/Kesra tertanggal 20 Mei 2020.
Keputusan Bupati tersebut juga mengacu pada Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat nomor 003.2-504 Tahun 2020 tentang Penetapan Pelaksanaan 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah Covid -19.
Dimana dikatakan, bahwa dalam rangka menekan dan memutus mata rantai penyebaran Corona (Covid-19) di Wilayah Kabupaten Dompu dengan jumlah kasus yang semakin meningkat, maka perlu dilakukan langkah-langkah bersama dari setiap warga masyarakat dan Pemerintah daerah untuk mengurangi potensi penularan antar orang,
Bahwa berdasarkan arahan hasil Rapat Koordinasi Pengamanan dan penegakan Protokol Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H yang dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2020 mencermati perkembangan situasi dan dinamika daerah serta perkembangan penanganan Pandemi Covid-19 perlu menetapkan pelaksanaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Panderni Wabah Covid-19 di Kabupaten Dompu.
Selengkapnya Keputusan Bupati Dompu yang disampaikan melalui Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Dompu, Muhammad Iksan, S. ST., MM. Pertama bahwa dalam situasi Pandemi Covid -19 takbir dilaksanakan melalui televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya. Kedua, takbir dapat dilakukan/dilaksanakan di masjid hanya oleh takmir masjid,ketiga bahwa Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dilaksanakan di rumah masing-masing, ke empat bahwa silaturrahim atau halal bihalal bisa dilakukan melalui media sosial dan video call/conference.kelima dalam menjalankan ibadah Ramadhan dan Syawal, seyogyanya masing-masing pihak turut mendorong, menciptakan, dan menjaga kondusivitas kehidupan keberagamaan dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwahwathaniyah, dan ukhuwah basyariah, ke enam disampaikan kepada seluruh Camat, Lurah/Kepala Desa, Kepala Lingkungan, dan Ketua RT dengan selalu melibatkan peran aktif dari para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya masing-masing lingkungan untuk meningkatkan pengawasan dan penertiban agar himbauan Bupati ini dapatdilaksanakan dalam rangka mnemutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Dompu.(TS/TF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *