“Hindari Resiko Penularan Covid-19” KPU Dompu Tunda Pelantikan PPS dan Tiga Tahapan Lainya

DOMPU,TRIBUN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu memutuskan menunda tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020. Penundaan sebagai upaya pencegahan penyebaran serta mengurangi resiko penularan virus corona (Covid 19) yang semakin mengkhawatirkan.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs, Arifuddin, AK, menjelaskan, beberapa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020 yang ditunda yakni, tahapan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), tahapan verifikasi syarat dukungan Calon Perseorangan. Tahapan pembentukan PPDP dan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

Penundaan ini kata Arifuddin, mengacu pada Keputusan KPU RI Nomor : 179/PL.02-Kpt/01/KPU/111/2020 tertanggal 21 Maret 2020 tentang Penundaan  Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Surat Edaran KPU RI nomor 8 tahun 2020 serta berdasarkan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Dompu, nomor 27/SDM.02.1-BA/5205/KPU-Kab/111/2020 tentang penundaan pelaksanaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020 dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Perlu diketahui bahwa penundaan ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Dompu melainkan semua daerah yang melaksanakan Pemilukada, ”jelas Arif.

Menindaklanjuti keputusan KPU RI serta berdasarkan berita acara rapat pleno KPU Dompu dalam upaya pencegahan Covid-19 tersebut, Arif mengingatkan,  kepada seluruh jajaran KPU Kabupaten Dompu, di lingkup sekretariat, PPK dan Sekretariat dan untuk tetap mengindahkan protokoler pencegahan penularan covid 19 yang disampaikan pemerintah.

Ditanya, sampai kapan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020 tersebut ditunda, Arifuddin mengatakan, untuk memastikan hal ini, KPU Kabupaten Dompu tentu akan menunggu aturan dan instruksi lebih lanjut dari KPU Provinsi dan KPU RI.

“Apabila ada perubahan atau informasi lebih lanjut tentu akan kami sampaikan kembali kepada semua pihak di Kabupaten Dompu,”ungkapnya.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satu Orang PDP Covid-19 di Dompu Dinyatakan Negatif

Sen Mar 23 , 2020
DOMPU,TRIBUN     Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Dompu dinyatakan negatif. Hasil swab yang telah diterima dari laboratorium, pasien PDP itu telah dinyatakan negatif terjangkit Covid-19. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman SKM.M.Mkes kepada awak media di kantornya, Senin (23/3/2020). Dikatakan, satu orang Pasien […]