KPU Sumbawa Lantik PPS Berdasarkan Zona Untuk Antisipasi Covid-19

Sumbawa Besar, Tribunsumbawa.com – KPU Kabupaten Sumbawa, akan melantik sekaligus memberikan bimbingan teknis kepada anggota PPS terpilih yang dibagi dalam 5 zona, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, 22 Maret 2020. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Surat Edaran KPU-RI Nomor 04 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Covid-19.

“Untuk pelantikan, berdasarkan Surat Edaran KPU RI nomor 04 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19, KPU dinstruksikan untuk bagi wilayah berdasarkan georgrafis, jumlah administrasi desa dan kecamatan. Untuk menghindari pengumpulan masa terlalu banyak,” kata Muhammad Ali, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (19/03).

Diungkapkan, KPU Kabupaten Sumbawa akan melantik anggota PPS terpilih, 22 maret 2020 yang akan dihadiri oleh seluruh PPK di masing-masing wilayah. “Pertimbangan teknis kami juga itu akan memudahkan anggota PPS untuk memahami materi dalam Bintek. Dan kami akan menyediakan hand and sanitezser,” ucapnya.

Dijelaskan, pelantikan yang akan dilakukan 22 Maret tersebut, setelah calon anggota PPS melewati berbagai proses perekrutan oleh KPU Kabupaten Sumbawa. “KPU Kabupaten Sumbawa telah merekrut calon anggota PPS, dan alhamdulillah berjalan lancar. Tentu dalam proses prekrutan itu, telah melakukan verifikasi berkas calon anggota PPS, mengungumkan. Lulus verifikasi administrasi, kemudian mengikuti tes tulis. Dari itu, kami telah mengambil maksimal 6 orang dan minimal 3 orang berdasarkan hasil tertinggi dari tes tulis,” ujarnya.

Dikatakan, dari 11 hingga 13 Maret KPU Kabupaten Sumbawa telah melakukan wawancara terhadap calon anggota PPS di 165 desa, yang dibagi dalam 5 zona. Kamudian mengunumkan hasil wawancara 15 sampai 17 Maret setelah melakukan rapat pleno.

Bersamaan dengan pengumuman, imbuhnya, sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukkan atas calon anggota PPS. “Dari yang kami umumkan, ada beberapa desa yang pas jumlahnya dengan kebutuhan yaitu 3 orang. Yang 6 orang, urutan 1 sampai 3 itu calon anggota PPS, urutan 4 sampai 6 itu calon PAW. Dan bersamaan dengan pengumuman itu, bersamaan dengan waktu tanggapan masyarakat atas pengumuman itu. Kami ada beberapa tanggapan masyarakat, dan kami ucapkan terima kasih dan apresiasi sekali, bahwa masyarakat telah memberikan atensi terhadap KPU Sumbawa dalam hal proses seleksi ini,” jelasnya.

Atas tanggapan masyarakat, KPU telah memberikan klarifikasi. Sehingga 20 hingga 21 Maret, calon anggota PPS terpilih, diumumkan oleh KPU Kabupaten Sumbawa. “Kami sudah lakukan klarifikasi, dan hari ini terakhir lakukan klarifikasi. Besok, 20 hingga 21 akan mengumumkan. Yang diumumkan besok nomor urut 1 sampai 3 berdasarkan nilai,” katanya. (Ts/011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *