“Pusat Hanya Penuhi 6000 Keping” Ketersediaan Blangko E-KTP Dompu Terbatas

DOMPU,TRIBUN

Ketersediaan blangko e-KTP di Dompu selama ini terbatas dan masih banyak warga yang belum menerima fisik kartu e-KTP. Pasalnya pengadaan blangko e-KTP dilakukan oleh pemerintah pusat, sehingga daerah bergantung dari ketersediaan blangko itu.

Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu saat ini membutuhkan blangko e-KTP sebanyak 19.000 keping. Sementara blangko yang bisa dipenuhi pusat hanya 6000 keping.

Kadis Disdukcapil Dompu yang dikomfirmasi melalui Sekretaris Drs, M Najib, kepada media ini, Kamis (06/9/2018) mengatakan, sarana untuk mencetak e-KTP di Dompu sudah mendukung. Termasuk petugas yang mampu mencetak e-KTP. Hanya untuk mencetak e-KTP tersebut tergantung pada jaringan server, penunggalan data, dan ketersediaan blangko.

“Kebutuhan sumber daya manusia dan fasilitas kita sudah siap. Hanya saja ada proses penunggalan data oleh pusat dan ketersediaan blangko e-KTP yang terbatas. “Ucapnya.

Dikatakan, warga yang telah merekam data tidak bisa langsung mendapat fisik e-KTP karena data yang telah direkam harus melalui penunggalan data oleh pemerintah pusat baru bisa dicetak. Data itu harus diambil dalam jaringan di server pemerintah pusat yang saat diakses bersama semua daerah terkadang lambat.

“Kalau selama jaringan dari pusat lancar dan proses penunggalan data hasil perekaman e-KTP cepat, itu bisa saja dijalankan, ”Terangnya.

Dikatakan, saat ini ketersediaan blangko e-KTP di Disdukcapil Kabupaten Dompu sebanyak 6000 keping. Sementara kebutuhan blangko e-KTP sampai saat ini sebanyak 19.000 orang dari seluruh wajib e-KTP.

“Kebutuhan blangko e-KTP Kabupaten Dompu saat ini 19.000 keping, namun yang bisa dipenuhi Pusat hanya 6000 keping. “Ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com