Trend Penyakit Tidak Menular Meningkat di Dompu Sementara Penyakit Menular Menurun

DOMPU,TRIBUN

       Penyakit hipertensi termasuk 5 besar penyakit terbanyak di Kabupaten Dompu dan di Provinsi NTB 3 besar terbanyak. Sebaliknya,penyakit menular di Dompu menurun dari angka 65 persen menjadi 30 persen,walaupun penyakit menular trend meningkat untuk penyakit HIV AIDS.

         Hal itu disampaikan Gatot Gunawan SKM,MPPM kepala kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu saat dikonfirmasi awak media saat perayaan HUT HKN ke 52 dikantor setempat.,Kamis (3/11) kemarin.

       Dikatakan, saat ini trend penyakit tidak menular cukup meningkat,data nasional tahun 2010 sampai 2016 jumlah penyakit tidak menular meningkat dari 37 persen menjadi 57 persen.

       “Meningkatnya penyakit tidak menular ini disebabkan pola makan dan pola hidup kita yang cenderung mengabaikan kesehatan.,”kata gatot.

      Melalui momentum HKn ke 52 ini,kata Gatot pemerintah mengedepankan pelayanan kebijakan arah pembangunan RPJM daerah yang lebih fokus pada pelayanan kesehatan.

        Gatot menambahkan,setiap puskesmas di Dompu diharuskan memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada ibu hamil dan kaum lansia.

      Momen HKN ke 52 juga,lanjutnya seluruh tenaga kesehatan mulai dari Kota sampai Desa dikumpulkan untuk bersama-sama mengikuti kegiatan lomba yang dipusatkan di kantor Dinad Kesehatan.Tentunya,imo sebagai ajang forum silaturahmi antara sesama tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Dompu.(TS/RF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com