2.650 Vaksin CoronaVac Tahap Pertama Tiba di KSB

Sumbawa Barat, TRIBUN
Vaksin Covid-19 (CoronaVac), produksi PT. Sinovac yang didistribusikan oleh PT. Bio Farma tiba di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada hari ini, Kamis (28/01/2021), pagi.

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, S.T., didampingi oleh Sekretaris Daerah KSB, H. Abdul Azis, S.H., M.H., menerima penyerahan Vaksin Covid-19 antar Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dinas Kesehatan KSB di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan KSB.

Penyerahan ini juga disaksikan langsung oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi NTB dan Direktur Rumah Sakit Asy-Syifa KSB.
Sejumlah 2.560 unit jatah CoronaVac tahap pertama ini akan diprioritaskan kepada para tenaga kesehatan (Nakes) di KSB yang rencana vaksinasinya akan dimulai pada tanggal 2 Februari 2021 mendatang.

Sebelum vaksinasi dimulai, penerima akan lebih dahulu dilakukan screening untuk melihat kondisi dan kesiapan fisik penerima.

Didistribusikan secara ketat dengan pengawalan khusus sejak mulai diberangkatkan dari Pulau Lombok hingga akhirnya tiba di KSB, CoronaVac kemudian langsung disimpan di dalam ruangan dingin (cold room) dengan suhu yang terukur pada proses penyimpanan yaitu pada suhu 2-8℃.

Pemantauan rutin akan dilakukan untuk memastikan suhu penyimpanan CoronaVac sudah sesuai dengan prosedur yang benar hingga kemudian digunakan oleh pasien (end-user).

Wabup KSB dalam arahannya terus mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membuat narasi-narasi yang baik di tengah pandemi saat ini.

Wabub berharap kepada Dinas Kesehatan selaku leading sector bersama rumah sakit yang akan melaksanakan vaksinasi ini bisa menjaga dengan baik jangan sampai ada kesalahan prosedural. Vaksin ini kami terima dalam keadaan utuh dan Insya Allah baik, oleh sebab itu jangan ada yang menyebarkan hoax, berikanlah narasi-narasi yang baik. Kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB atau yang mewakili, Kepala BPOM Provinsi NTB, dan semua jajaran yang turut serta mengawal pendistribusian CoronaVac ini saya mengucapkan terima kasih banyak.

“Semoga ikhtiar kita dalam menaati protokol kesehatan 4M dan melakukan vaksinasi ini dapat menekan dan mencegah angka penularan Covid-19 di KSB”, jelas Wabup.(prokopim/rilis.ts/budi)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Unit Reskrim Polsek Rasbar Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

Kam Jan 28 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Kasus penggelapan sepeda motor yang menimpa korban Syahrat Irwan Haryanto 24 (tahun) warga Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Rabu (28/01/2021) sekitar 17.30 wita. Unit Reskrim Polsek Rasanae Barat Polres Bima Kota, mengamankan satu orang pelaku kasus penggelapan sepeda motor sebagaimana dimaksud dalam pasal 372 […]