Tips Pencegahan Mandiri Covid-19 Oleh Masyarakat

Sumbawa besar, tribunsumbawa.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Didi Darsani, di ruang kerjanya Selasa (24/03), mengajak masyarakat Kabupaten Sumbawa agar secara bersama-sama untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya dimulai dari diri pribadi dan lingkungan keluarga dengan cara sederhana dan mandiri.

“Tata laksana penyemprotan desinfektan itu, tidak musti seperti yang kita lihat di TV, menggunakan alat yang canggih. Ini yang harus dipahami dulu,” katanya.

Ia menganjurkan, agar masyarakat dapat melakukan pencegahan mandiri menggunakan bahan-bahan pembersih lantai, dengan sprayer sederhana. “Kemudian bahannya apa, sering ada kebingungan di masyarakat. Kita bisa menggunakan pembersih lantai yang biasa digunakan dan bahannya bisa didapat ditoko dan pasar. Kalau tidak ada, bisa pakai pemutih pakaian itu. Kombinasi campurannya 1 : 9 antara bahan dengan air. Mari kita laksanakan sendiri secara mandiri. Dan itu bisa dilaksakukan sesering mungkin,” ujarnya.

Dikatakan, cara paling sederhana dan merupakan salah satu upaya pencegahan yakni dengan mengepel lantai ruangan didalam rumah, dengan intensitas minimal dua sampai tiga kali dalam seminggun. Dan masyarakat di pedesaan, dapat melakukan penyemprotan di rumah dan lingkungan masing-masing menggunakan spraye yang biasa digunakan untuk lahan pertanian.

“Misalnya seminggu, dua atau tiga kali minimal. Kalau ruangannya luas, gunakan sprayer. Jangan kita mau gunakan seperti yang di TV itu, banyak sprayer yang sederhana. Kalau masyarakat yang ada di pedesaan, bisa menggunakan sprayer yang biasa digunakan untuk pertanian. Jangan menunggu, kalaupun bisa kita (pemerintah, red) lakukan penyemprotan, tidak mungkin kita bisa lakukan seluruhnya.

Selain lingkungan, masyarkat juga dihimbau untuk menjaga kesehatan masing-masing dengan menjaga pola hidup sehat. Sebab, system imun tubuh merupakan senjata utama dan pertama yang dapat digunakan untuk menangkal penyebaran Covid-19.

“Antisipasi kita yang paling penting, sebagaimana edaran dan isntruksi dari presiden, gubernur dan bupati untuk social distance, menjaga kesehatan diri, mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. Senjata awal kita untuk melawan itu, yakni daya tahan tubuh kita menjadi senjata utama,” jelasnya. (Ts/011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com