Disnakeswan Dompu Dapat Bantuan 19 Ribu Dosis VAR Dari Kementan RI

DOMPU,TRIBUN

    Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu tahun 2020 mendapatkan bantuan 19 ribu dosis vaksin Anti Rabies (VAR) dari Kementrian Pertanian (Kementan). Vaksin Anti Rabies (VAR) tersebut untuk mengatasi wabah penyakit yang ditularkan oleh hewan rabies tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu melalui Kabid Keswan dan Kesmavet Drh. Mujahidin., ditemui dikantornya baru-baru ini mengatakan, suntikan vaksin anti rabies tersebut diperuntukkan bagi hewan yang belum terinveksi virus rabies, agar hewan tersebut tidak terinfeksi.

“Sasaran vaksinasi rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan yang bisa terjangkit rabies, “ungkapnya.

selain melakukan vaksinasi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu, tetap melakukan pengendalian populasi terhadap HPR tidak berpemilik, “Eliminasi terhadap anjing tidak bertuan tetap dilakukan, “ujarnya.

Dijelaskanya, jumlah populasi anjing liar dan berpemilik di Kabupaten Dompu mencapai 22.000 ekor  sampai 27.000 ekor.

    Dia menghimbau, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu petugas untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan. Sebab,  penyakit rabies itu sangat berbahaya bagi manusia.

“Melalui vaksinasi ini, kami berharap masyarakat terlindungi dari penularan penyakit rabies dari gigitan hewan yang telah terinfeksi, ”katanya. 

Mujahidin juga menyebut, korban gigitan anjing, baik lama maupun baru di Kabupaten Dompu mencapai 2041 orang. Sementara korban meninggal mencapai 14 orang.orang.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com