Semua Wilayah Yang Ditanami Jagung di Dompu Diserang Hama Ulat Grayak

DOMPU,TRIBUN

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, mencatat semua wilayah yang ditanami jagung diserang hama ulat grayak. Akibatnya terjadi kerusakan pada daun jagung. Kondisi tersebut diperparah dengan kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu, Ilham SP., yang dikomfrimasi melalui Kabid Tanaman Pangan, Armansyah SP, dikantornya, Jum’at (24/1/2020) menyampaikan, serangan hama ulat grayak terjadi hampir diseluruh wilayah yang ditanami jagung.

“Penyebab terjadinya hama ulat grayak disebabkan faktor cuaca, karena beberapa hari cuaca sempat mendung, faktor itulah yang membuat ulat-ulat ini berkembang biak, ”kata Armansyah.

Armansyah juga menyebut, ulat grayak menyerang tanaman jagung mulai usia satu bulan lebih, ulat menyerang mulai dari batang sampai daunnya, “ulat yang ada di daun dan batang ada yang sampai bertelur dan beranak, ”ujarnya.

Terkait persoalan hama ulat grayak ini, seluruh obat dan racun serangga sudah diberikan mulai dari disemprot sampai di tabur di batang jagung.

“Ulat grayak ini sudah ditangani oleh masing-masing OPT, bahkan petani diberikan obat pembasmi hama ulat dimaksud secara gratis, “ungkap Armansyah.

Ditanya apakah serangan hama ulat grayak ini bisa mempengaruhi hasil produksi tanaman jagung, Armansyah mengatakan, sangat mempengaruhi sekali, oleh karena itu ulat itu harus segera dibasmi.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com