Dandim 1614/Dompu: Kabupaten Dompu Berada Pada Wilayah Yang Dikelilingi Ring Of Fire

DOMPU,TRIBUN

Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, mengungkapkan, Kabupaten Dompu berada pada wilayah yang dikelilingi Ring of Fire. Sehingga berdampak pada kebencanaan geologi maupun hidrometeorologi. Bencana geologi dimaksud, gempa bumi, tanah longsor. Sedangkan bencana hidrometeorologi, banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Bencana-bencara tersebut mengintai dan mengancam kita setiap saat. Karena itu, sikap sigap dan waspada menghadapi ketidakpastian sangat penting, ”kata Dandim dalam amanatnya pada acara apel siaga bencana di lapangan beringin Dompu, Rabu (22/1/2020).

Dikatakan, apel siaga bencana untuk mengevaluasi kesiapan dalam menghadapi bencana. Harus dikenali bentuk ancaman bencana yang kemungkinan terjadi dari kondisi yang ada. Hal ini untuk menyiapkan strategi pengamanan yang tepat.

Disatu sisi, kata Dandim, pihak-pihak terkait harus mengetahui permasalahan yang ditimbulkan. Dengan begitu, diharapkan dapat dicari jalan keluar agar penanganan permasalahan tidak berlarut-larut.

“Berdasarkan data Badan Meteorolog, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak hujan tahun ini terjadi pada awal Bulan Februari hingga pertengahan Bulan Maret, “ungkapnya.

Leih lanjut Dandim mengatakan, dilihat dari persiapan personel, peralatan yang dimiliki TNI, Polri, BNPB, Dinas Sosial melalui Tagana, Perhubungan, Kesehatan, PMI dan persiapan lainnya, insya Allah Kabupaten Dompu siap dalam menghadapi bencana tersebut.

Sementara itu, apel siaga bencana diikuti sekitar 400 peserta. Apel siaga dipimpin Danki Brimob, IPTU Sudirman, SH dengan Perwira Apel kepala BPBD Dompu Jufri, ST,M.Si.

Tampak hadir Wakil Bupati Arifuddin, SH, ), Sekda. H. Agus Bukhari, M.Si, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu.

Di deretan pasukan tampak 2 SST Anggota Kodim 1614/Dompu, 1 SST Brimob Sub Den A, 2 SST anggota Polres Dompu, 1 SST anggota BNPB Dompu, 1 SST Pol PP, 1 SST Perhubungan, 1 SST Kesehatan Puskesmas Dompu, 1 SST Tagana, 1 SST Senkom, 1 SST PMI dan 1 SST Pramuka.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com