Bupati Dompu: Berkali-Kali Saya Ingatkan Petani Jangan Membeli Pupuk Saat Musim Tanam

DOMPU,TRIBUN

    Bupati Dompu, Drs, H Bambang,M.Yasin telah mengingatkan petani untuk tidak membeli pupuk saat musim tanam. Karena pada musim tanam, pasokan pupuk akan sulit didapat.

“Sudah berkali-kali saya sampaikan jangan membeli pupuk saat musim tanam, tapi belilah jauh hari sebelum musim tanam, “kata Bupati HBY ditemui di Dompu, Rabu (15/1/2020).

Dikatakan, tujuanya mengingatkan petani membeli pupuk jauh hari sebelum musim tanam tiba supaya gudang penyimpanan pupuk segera kosong dan didatangkan lagi penggantinya.

Bupati menyampaikan, persoalan pupuk tidak bisa diselesaikan oleh H Bambang saja. Semua pihak yang membutuhkan barang ini harus bergerak, dengan cara segera  memindahkan pupuk dari gudang ke rumah.

“Kalau petani tidak segera menebus pupuk digudang, otomatis ditsributornya tidak mau mengambil barang baru karena tidak ada tempat untuk penampungan, “ungkapnya.

Diakuinya, sistim seperti ini sudah berjalan puluhan tahun lalu, sehingga tidak heran saat musim tanam petani kerap kesulitan mendapatkan pupuk karena pasokan pupuk sulit didapat.

“Persoalan ini sudah berlangsung lama, untuk itu mulailah merubah sistim, jangan beli pupuk saat mau tanam, tapi belilah jauh hari sebelum dipakai, “saranya.

Bupati juga mempertegas, bahwa kewajibanya saat ini menyediakan pupuk sesuai kebutuhan. Kalau persoalan ada kelangkaan, itu karena barangnya bukan dibuat disini (dompu,red), tapi di Kalimantan dan pulau Jawa.

Kembali Bupati mengatakan, persoalan pupuk ada Rencana Defintif Kebutuhan Kelompok (RDKK) nya, kendati memang semua RDKK tidak semua bisa dipenuhi. karena pupuk merupakan barang bersubsidi.

“Namanya bersubsidi ya terbatas, “kata Bupati HBY.

    Bupati juga menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan ada perbaikan sistim, seperti penerbitan Kartu Tani. Tapi dia tidak mengetahui kapan Kartu Tani itu mulai diberlakukan, “yang pasti barang bersubsidi dari pemerintah untuk petani hanya bisa ke orang-orang yang punya Kartu Tani saja, “ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com