Kasat Lantas Polres Dompu: Grafik Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat Sepanjang Operasi Zebra Gatarin 2019

DOMPU,TRIBUN

            Kendaraan roda dua menjadi pelanggaran lalu lintas terbanyak sepanjang operasi zebra yang berakhir, Selasa (5/11/2019). Satuan Lantas Polres Dompu mencatat telah melakukan penindakan tilang 1.615 dan 292 teguran selama Operasi Zebra Gatarin 2019.

            “Hingga hari terakhir kegiatan Operasi Zebra Gatarin 2019 berhasil menilang 1.615 dan 292 teguran, ”kata Kasat Lantas Polres Dompu IPTU I Wayan Sukarsana, SH., yang ditemui dikantornya, Rabu (06/11/2019).

Dikatakan, jumlah kendaraan tilang dan teguran tersebut merupakan akumulasi dari semua pelanggaran, mulai dari yang tidak pakai helm, tidak membawa SIM dan STNK, knalpot brong, kendaraan pretelan dan tidak pakai sabuk pengaman.

“Kendaraan yang terjaring dalam operasi zebra gatarin 2019 ini terjadi di beberapa lokasi operasi, seperti Kelurahan Karijawa, Cabang Kodim, Pasar Atas Dompu dan beberapa titik lainya di Dompu, “ungkap Kasat Lantas.

Diakuinya, jumlah tilang dan teguran tersebut menunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Dompu dalam berlalu lintas masih rendah, “kesadaran masyarakat untuk taat berlalu lintas masih rendah,” tukasnya.

Sukarsana menyampaikan, bahwa hakikat dari operasi zebra gatarin digelar guna menertibkan pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu-lintas. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas di jalan raya. Tapi kenyataanya dilapangan selama operasi digelar, grafik pelangggaran justru meningkat, bukanya menurun.

“Kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah, ini dibuktikan dengan grafik pelanggaran selama operasi ada trend meningkat, “tandasnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com