Disnakeswan Dompu Jalin Kerjasama Dengan BPTP UNRAM

DOMPU,TRIBUN

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu melakukan kerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) UNRAM, khususnya untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya agar menghasilkan inovasi teknologi ternak sapi.

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Ir, Zainal Arifin, M.Si.,ditemui dikantornya, Kamis, (10/10/2019) mengatakan, kerjasama Disnakeswan Dompu dengan BPTP UNRAM untuk mendukung peningkatan produksi ternak sapi.

    Menurut Zainal Arifin, kerjasama dimaksud untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat subsektor peternakan.

“Kerjasama dengan BPTP UNRAM ini untuk pengembangan teknologi tepat guna dan hijauan pakan ternak, “ungkapnya.

Zainal meyakini kerjasama ini tentunya mampu memacu peningkatan pertumbuhan dan pertambahan populasi ternak sapi. Dan, BPTP sebagai instansi yang membidangi kajian teknologi di sektor pertanian tentunya memiliki inovasi ataupun terobosan di subsektor peternakan.

“Kerjasama ini merupakan komitmen kita untuk mengimplementasikan teknologi peternakan dan kesehatan hewan agar terjadi percepatan pembangunan dan pengembangan subsektor ini untuk kesejahteraan rakyat, ”ungkapnya.

Kadis Nakeswan Dompu menambahkan, terkait kerjasama dengan BPTP UNRAM ini, pihaknya akan melakukan pendampingan kelembagaan untuk dua kelompok petani ternak di Desa Doro Bara (Kecamatan Dompu) dan Desa Songgajah (Kecamatan Kempo).

Rencana pendampingan bagi kedua kelompok ini, direncanakan selama tiga tahun dan upaya yang dilakukan saat ini yakni, melakukan penguatan kapasitas kelompok.

Dikatakan Zainal, sasaran utaman kegiatan ini, bagaimana upaya peningkatan kualitas ternak, yakni penggemukan dan perkembangbiakan ternak, karena perkembangbiakan ternak tentunya harus didorong kebutuhkan pakan ternak yang cukup.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com