Bupati dan Ketua KPU Dompu Tandatangani NPHD Pilkada 2020

DOMPU,TRIBUN

    Bupati Dompu, Drs, H Bambang M Yasin, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu, Drs, Arifuddin, AK, menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada 2020, Selasa (1/10/2019).

Penandatanganan NPHD Pilkada 2020 ini dilakukan setelah Pemkab Dompu dan KPU Dompu menyepakati anggaran pelaksanaan Pilkada 2020 sebesar Rp, 15 Miliar.

Penandatanganan NPHD ini dilaksanakan di ruang rapat kerja Bupati Dompu. Turut hadir pada kegiatan itu, Sekda Dompu, H Agus Buhari, SH.M.Si, Ketua DPRD Dompu, Andi Bahtiar, AMd.Par, Komisioner KPUD Dompu, Komisioner Bawaslu, Kepala BPKAD Dompu, Muhammad ST, Inspektur Inspektorat Dompu, Drs, H Muhibudin, M.Si, Kepala Kesbangpoldagri, Ir, H Fahrurozi.

Bupati Dompu, Drs, H Bambang M Yasin, dalam penyampaianya berharap proses pemilihan kepala daerah bisa diterima semua pihak. Pun, pilkada berjalan dengan baik dan lancar.

“Melalui pemilukada yang berintegritas kita berharap mendapatkan Bupati dan Wakil Bupati Dompu yang lebih berkualitas dan lebih baik lagi dari Bupati sebelumnya, “kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan KPU Dompu, untuk hati-hati mengelola dana hibah Pemilukada 2020, jangan sampai kasus yang dialami komisioner KPU di daerah Sulawesi yang berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH), karena tidak bisa mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran dana hibah dimaksud.

Diakhir sambutanya, Bupati menyampaikan ucapan selamat bekerja kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu dan Bawaslu Dompu, “kita berharap bersama pelaksanaan Pemilukada 2020 berjalan demokratis dan kondusif, “ujarnya.

    Sementara Ketua KPU Dompu, Drs, Arifudin, AK. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dompu yang telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Pihaknya juga berkomitmen akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilukada 2020 sebaik-baiknya.

 “Insa Allah kami akan menggunakan anggaran dana hibah ini seefisien dan seefektif mungkin. Karena kami juga tidak ingin menggunakan anggaran yang tidak sesuai peruntukanya, “terang wartawan senior Dompu ini.

Ketua KPU Dompu juga menyebut, bahwa pelaksanaan tahapan Pemilukada 2020 akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Arifuddin juga menambahkan, bahwa ada beberapa aitem tahapan Pemilukada yang menguras anggaran yang cukup besar, seperti, kegiatan sosialisasi, pengadaan baliho, penyusunan kegiatan pedoman teknik dan penyelesaian sengketa.    

    “Semoga pelaksanaan Pemilukada 2020 berjalan sesuai amanat undang-undang, pemilukada yang bermartabat dan berintegritas.

    Sementara Kepala BPKAD Dompu, Muhammad ST, ditemui usai kegiatan mengatakan, bahwa dana hibah untuk Pemilukada 2020 sebesar Rp. 15 M untuk KPU Dompu dan Rp. 5, 075 M untuk Bawaslu Dompu. Dengan rincian untuk KPU Dompu dari APBD-P 2019 senilai Rp. 500 juta dan pada APBD 2020 14, 500.000.000. Sedangkan untuk Bawaslu, lanjutnya, Rp, 75 juta dari APBD-P 2019 dan APBD 2020 senilai Rp. 5 Milyar.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com