“Menjadi Pecandu Narkoba” Empat Pelajar di Dompu Menjalani Rehabilitasi di Lido dan RSJ

DOMPU,TRIBUN

    Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Dompu,  mencatat tahun 2019, empat orang pelajar menjadi pecandu narkoba dan menjalani rehabilitasi.

Ke empat pelajar ini menjalani rehabilitasi rawat jalan dan inap disejumlah panti rehabilitasi. Mulai dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mataram dan panti rehabilitasi narkoba Lido Bogor.

Kepala Pelaksana Harian Sekretariat BNNK Dompu, H Zulkifli Lubis,S.Sos., ditemui dikantornya Kamis (26/9/2019) menyebutkan, empat orang pelajar pengguna narkoba tersebut sudah dua bulan menjalani rehabilitasi di Lido Bogor dan RSJ Mataram. Namun, Zulkifli Lubis tidak bisa membeberkan nama ke empat peserta rehabilitasi tersebut, dengan dalih terbentur aturan.

“Kalau untuk nama, kami tidak bisa menyebutkan, karena untuk menjaga privasi dan memang ada aturannya. Namun, kami pastikan peserta rehab dari Kabupaten Dompu, “kata mantan Kabag Kesra Setda Dompu yang telah purnabhakti ini.

Zulkifli meminta, agar warga Dompu yang sudah kecanduan sebaiknya melapor untuk direhabilitasi. Dia juga mengatakan, bahwa pecandu narkoba yang melapor untuk rehabilitasi tidak bisa dipidana dan mendapat perlindungan hukum, “Akan direhab kalau ada yang melapor, “terangnya.

Dia juga menerangkan, bahwa rehabilitasi pecandu narkoba menjadi salah satu solusi yang sedang digiatkan. Jangan sampai pecandu narkoba berubah menjadi penyalahguna narkoba.

Zulkifli juga mengakui, bahwa kasus narkoba di Bumi Nggahi Rawi Pahu cukup tinggi, untuk meminimalisir peredaran narkotika ini, pihaknya gencar melaksanakan sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Narkotika (P4GN) kerjasama dengan mahasiswa dan pemuda di Dompu.

“Terakhir kegiatan sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Narkotika (P4GN) kami laksanakan di Makodim 1614 Dompu dan dilanjutkan dengan tes urine bagi anggota TNI, “ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com