“Jadi Bupati Sehari” Baiq Nuri Khairati Gantikan Posisi H Bambang M Yasin Sebagai Bupati Dompu

DOMPU,TRIBUN

Sehari ini roda pemerintahan Dompu berbeda dengan hari biasanya. Jika pada hari biasanya, roda pemerintahan dipimpin oleh Bupati Drs, H Bambang M Yasin, namun hari ini posisi tersebut digantikan oleh Baiq Nuri Khairati Soliha siswi SMAN 1 Dompu kelas XI IPA 3.

Baiq Nuri Khairati Soliha sebelumnya telah melalui seleksi cukup ketat antar pelajar di Dompu yang dilakukan Forum Anak Dompu (FAD).

Dalam program ini Baiq Nuri Khairati Soliha melakukan aktifitas dan menggunakan fasilitas yang digunakan Bupati Dompu. Sebagaimana seorang bupati sungguhan, dia melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Bupati.

Pada Senin (26/8/2019) pagi, Bupati Dompu sehari ini hadir di Kantor Bupati di Gedung Paruga Parenta. Kemudian Bupati Nuri menerima kehadiran sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu, seperti Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dra, Ratnasari, Kepala Dinas Kesehatan Dompu, Hj. Iris Juwita Kastianti, S.KM., M.MKes. Kepala Dinas DPPKB Dompu, Gatot Gunawan, SKM,M.Mkes.

Kadiskes melaporkan sejumlah persoalan kesehatan yang terjadi di Kabupaten Dompu. Di antaranya masalah stunting, gizi buruk, kasus rabies, serta perlu terlaksananya Posyandu Keluarga.

Dalam arahannya Bupati Baiq Nuri menyampaikan, agar Dinas Kesehatan bersinergi dengan instansi terkait untuk mengatasi persoalan-persoalan kesehatan yang masih terjadi di Dompu. Bupati Baiq Nuril juga memberikan arahan kepada Kadis Dukcapil terkait E-KTP dan kepemilikan akte kelahiran bagi anak-anak Dompu.

Usai menerima sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu. Selanjutnya, Bupati Baiq Nuri didampingi Sekda Kabupaten Dompu, H. Agus Bukhari SH, M.Si memimpin rapat koordinasi dengan para pimpinan OPD membahas tentang kepemilikan akte kelahiran, persoalan gizi buruk, stunting dan kasus bully yang masih marak terjadi pada anak-anak sekolah.

Usai rakor, Bupati Dompu sehari ini menerima kehadiran Kapala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, M. Si dan anggota Forum Anak Dompu (FAD) yang melaporkan berbagai persoalan anak. Salah satunya masalah bully yang masih terjadi di kalangan anak-anak sekolah.

Salah satu anggota FAD menyampaikan, bahwa keberadaan Guru Bimbingan Konseling (BK) masih dianggap momok menakutkan bagi anak sekolah. Karena itu FAD, mengusulkan kepada Bupati Baiq Nuri agar ada pelatihan khusus bagi guru BK agar bisa dekat dengan anak-anak.

Selanjutnya Bupati Nuri melakukan kunjungan ke SDN 07 Woja dan Puskesmas Dompu Barat untuk memberikan pembinaan.

Secara terpisah, Ketua Forum Anak Dompu, Nurrauhan Rahmad mengatakan, kegiatan Bupati Dompu sehari ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2019.

Dia juga mengatakan, bahwa program menjadi Bupati sehari ini baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Dompu. Program ini sebagai bentuk open governmen partnership yang diwujudkan Pemkab Dompu.

Disisi lain, Baiq Nuri Khairati Sholihah ini ini merupakan putri ketiga dari pasangan suami istri Lalu Muhammad Nur dan Siti Nurliana. Keduanya adalah Panitera Pengganti di PN Dompu.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com