Hasrul Edyar S.Sos M.AP: Keragaman Budaya dan Adat Harus Terus Dilestarikan

DOMPU,TRIBUN

Hasrul Edyar S.Sos MAP Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik Kemendesa PDTT RI mengatakan, penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian harus terus dilestarikan. Karena budaya dan adat yang dimiliki Bangsa Indonesia sangat beragam.

Demikian disampaikan, Hasrul Edyar S.Sos MAP., Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik Kemendesa PDTT RI ditemui di Dompu, saat menghadiri acara penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian, Sabtu (03/8/2019).

Dikatakan, melalui kegiatan penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian ini kita berharap semua kekayaan budaya dan kekayaan adat, kearifan lokal yang ada di Indonesia umumnya dan Dompu khususnya bisa di tampilkan sekaligus dilestarikan.

“Jangan sampai seni budaya dan adat di Indonesia ini tergerus oleh jaman. Karena melalui budaya dan adat dapat berfungsi sebagai perekat serta penguat silaturahmi masyarakat yang bisa dilestarikan keberadaanya, “ungkapnya.

Hasrul Edyar juga menyebut, latar belakang kegiatan penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian ini, untuk mempererat silaturahmi dan menjaga persatuan sehingga dapat mencegah konflik serta untuk terciptanya rasa damai di masyarakat.

Dia juga mengatakan, bahwa Kemendesa PDTT RI kedepanya ada program memfasilitasi semua sanggar agar bisa eksis dan bisa menjadi kebanggaan bangsa sehingga budaya, adat dan keragaman etnis tetap eksis dan menjadi kebanggaan yang bisa terus dilestarikan.

Hasrul Edyar juga menyentil sikap generasi muda Indonesia saat ini yang semakin kurang perduli terhadap budaya  bangsanya sendiri. Tidak hanya budaya, generasi muda sekarang juga kurang mengenal nilai kearifan lokal tradisional. Padahal, nilai kearifan budaya lokal jika tidak dijaga dan dipelihara, dikhawatirkan secara berangsur-angsur akan mengalami kepunahan.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com