Cakades Se Dompu Dihimbau Tidak Membuat Deal-Deal Politik Dengan Calon Perangkat Desa

DOMPU,TRIBUN

    Calon Kepala Desa (Kades) se Dompu dihimbau untuk tidak membuat deal-deal politik dengan calon perangkat Desa. Pasalnya, perangkat Desa yang masih menjabat sekarang tidak bisa diberhentikan secara sepihak sebelum berusia 60 tahun dan tidak melakukan pelanggaran yang bisa dibuktikan secara hukum.

    “Saya himbau lebih awal kepada calon kepala Desa yang mengikuti Pilkades serentak tahun 2019 untuk tidak memberhentikan secara sepihak perangkat Desa periodesasi yang belum berusia 60 tahun, “tegas Muhammad Ali, SE, Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perintahan Desa (DPMPD) Dompu, ditemui dikantornya, Kamis (16/5/2019).

    Dikatakan, bahwa pemberhentian sepihak perangkat Desa yang belum berusia 60 tahun merupakan pelanggaran, “Ada sangsi bagi kepala Desa jika menyalahi aturan pemerintah nomor 67 tahun 2017 pasal 12 ayat 1 dan 2, “kata M Ali.

Menurutnya, perangkat Desa bisa diberhentikan, apabila melakukan pelanggaran yang fatal, namun pelanggaran dimaksud harus disertai bukti hukum, “tidak bisa memberhentikan perangkat desa hanya karena persoalan sepele, apalagi karena ada deal-deal politik dengan calon perangkat Desa, “ungkapnya.

Terkait Pilkades serentak, M Ali mengatakan, bahwa berdasarkan hasil rapat, pembentukan panitia ditingkat Desa diperkirakan Bulan Juli 2019. Menindaklanjuti hasil rapat itu, pihaknya akan menyurati Camat dan Kecamatan kemudian melanjutkan menyurati Desa-Desa.

Untuk jumlah Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun 2019, kata dia, sebanyak 22 Desa. Sementara rencana pelantikan Kepala Desa terpilih akan dilakukan akhir Bulan Desember tahun 2019.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com