Dinas Kominfo Dompu Targetkan Tahun 2020 Seluruh OPD di Dompu Miliki Website

DOMPU,TRIBUN

Dalam rangka memenuhi keterbukaan informasi publik dan implementasi e-government di Kabupaten Dompu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu menargetkan tahun 2020 semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu mempunyai website.

“Dengan adanya website, masyarakat dapat mengakses informasi yang seluas-luasnya dan melalui website dapat membantu masyarakat Dompu memperoleh informasi pembangunan daerah yang dilakukan masing-masing OPD, “kata Ir, Fahrudin A, Wahab, M.Si Kadis Kominfo Kabupaten Dompu ditemui media ini dikantornya, Kamis (14/3/2019).

    Dikatakan, era sistim pemerintahan yang berbasis elektronik dan digital saat ini, mengharuskan semua OPD wajib memiliki website untuk menjadi fasilitas penyampaian informasi, seperti kegiatan-kegiatan, pengumuman, serta informasi lainnya.

Fahrudin menambahkan, terkait website, tahun ini ada sebanyak 12 OPD di Dompu yang sudah ada website, itupun yang terkoneksi dengan dompukab baru sekitar 10 OPD. Sementara sisa OPD lainya belum mempunyai website.

Fahrudin juga menjelaskan, sesuai Peraturan Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrasi Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara, setiap lembaga pemerintahan hanya boleh menggunakan atau mempunyai 1 (satu) alamat situs web dengan nama domain go.id, sehingga apabila pemerintah daerah mempunyai lebih dari 1 (satu) situs web, maka penamaan situs web lainnya harus menggunakan sub domain yang diletakkan di depan nama domain. Jadi website OPD di Dompu merupakan sub domain dari http://diskominfo.dompukab.go.id/ yang terkoneksi langsung dengan server Dinas Kominfo Dompu.

Fahrudin juga mengatakan, adapun anggaran pembuatan website OPD bersumber dari Dinas Kominfo Dompu, OPD memanfaatkanya fasilitas dimaksud. Tidak hanya sampai di situ, Dinas Kominfo Dompu juga memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada admin website, dengan harapan website yang telah dibuat benar-benar aktif dan selalu update untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Setelah difasilitasi dalam pembuatan website, kami juga memberikan bimbingan teknis terkait penggunaan website tersebut, sehingga petugas yang ditunjuk sebagai admin dapat benar-benar menggunakan website sebagai fasilitas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, “ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com