Upacara Pembukaan TMMD Ke 104 Tahun 2019 Kodim 1614/Dompu Berlangsung Khidmat

DOMPU,TRIBUN

    TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 Kodim 1614/Dompu dilaksanakan di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa. Upacara pembukaan TMMD digelar dilapangan Desa Lanci Jaya, Selasa (26/2/2019).

Ada dua Desa yang menjadi sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun ini yakni, Desa Lanci Jaya dan Desa Teka Sire dengan sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik yang dikerjakan di Desa Lanci Jaya yakni pembangunan Musholla Al-Ikhlas Desa Lanci Jaya, pembuatan talud, pembukaan jalan sepanjang 6×600 Meter, pembukaan jalan sepanjang 6×900 Meter, rehab Musholla Nurul Asyah, pembukaan jalan sepanjang 6×1.500 Meter, pembangunan gorong dan Plat Duiker sebanyak 2 (dua) unit.

Pembuatan jembatan 1 unit ukuran 1,5×6 Meter, rehab Musholla Bani Abbas ukuran 6×9 meter, pembuatan gorong’S Plat Duiker (1 unit). Sementara sasaran fisik dan non fisik di Desa Teka Sire yaitu, pembukaan jalan sepanjang 5 x 2.600 meter, pembuatan jembatan 2 unit ukuran 5×6 Meter dan pembangunan gorong’S dan Plat Duiker (1 unit).

Pada upacara pembukaan TMMD tahun 2019, Bupati Dompu Drs, H Bambang M Yasin., didaulat menjadi inspektur upacara. Dalam arahanya Bupati HBY menyampaikan, kegiatan dilakukan TMMD merupakan suatu kegiatan yang selalu mendapat dukungan semua pihak termasuk dari Pemda.

Dikatakan, membangun bangsa ini tidak dapat dilakukan oleh satu lembaga saja atau organisasi saja, tetapi perlu sinergitas apa yang harus dilakukan bersama-sama. Program TMMD dengan ikut terjun langsung ke Desa-Desa adalah suatu hal yang menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan yang ada di Desa.

“Selama ini tidak ada aktifitas yang diprogramkan oleh TNI yang dilakukan sendiri, tapi senantiasa program dan kegiatanya melibatkan masyarakat, “kata Bupati.

Dia menambahkan, keikutsertaan personil TNI/Polri dalam program TMMD juga mencerminkan adanya sinergitas antara TNI/Polri dalam mewujudkan masyarakat indonesia yang sejahtera. Prajurit TNI terlibat langsung TMMD mendorong masyarakat untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan yang dipelopori TNI/Polri.

“Untuk itu saya berharap, sinergitas yang baik ini dapat terus dipertahankan untuk waktu yang akan datang, “ungkap Bupati.

Pantauan media ini, pada upacara pembukaan TMMD di Desa Lanci Jaya dihadiri langsung Komandan Korem 162/Wirabhakti, Kolonel CZI, Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos,SH.M.Han. Hadir juga Dandim se Provinsi NTB, Anggota DPR RI, Syafrudin atau Rudi mbojo, Wakil Bupati Dompu, Kajari Dompu, Ketua PN Dompu, pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu, Camat se Dompu, Kades se Kecamatan Manggelewa, Toga/Toma dan pelajar.

Tema yang diangkat pada TMMD Tahun 2019, yakni, melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional. Pada pembukaan TMMD juga dilaksanakan kegiatan pelayanan KB, Pengobatan gratis dan Bazar.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com