Kapolres Berikan Tips Hindari Konten Negatif Kepada Pelajar di Dompu

DOMPU,TRIBUN

Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan generasi muda.

Kapolres Dompu, AKBP Erwin Suwondo SIK,M.Ik memberikan tips kepada pelajar SMKN 1 Dompu bagaimana menghindari pengarus Hoaks saat menjadi pembicara pada kegiatan masuk sekolah yang digelar di SMKN 1 Dompu, Senin (11/2/2019).

Menurutnya, saat ini sudah banyak kelompok yang secara proaktif mengajak masyarakat agar lebih cerdas menggunakan media sosial. Pemerintah juga berupaya untuk mengurangi penyebaran hoax dengan cara menyusun undang-undang yang di dalamnya mengatur sanksi bagi pengguna internet yang menyebarkan konten negatif.

Hanya saja kata Erwin, ajakan dan regulasi itu tidak akan mampu membendung konten negatif jika dari diri sendiri tidak selektif dalam menyaring informasi di media sosial. Pun, harus ada keterlibatan keluarga sebagai garda terdepan untuk mencegah hoax.

“Generasi muda harus cerdas dalam mengakses konten-konten yang ada dimedsos. Demikian para orangtua harus aktif saat anak mengakses media sosial. Jangan diam dan sibuk pada urusan hal-hal buruk. Tingkatkan level pemikiran kritis sebagai upaya memerangi informasi yang keliru, “katanya.

Dikatakan, sebuah berita belum tentu bukan hoax hanya karena kita melihat konten terkait di media sosial. Jangan buru-buru menyimpulkan lalu ikut membagikannya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com