Kadikes NTB, KLB Rabies Dompu Dengan Sendirinya NTB KLB Rabies

DOMPU,TRIBUN

Penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap serangan anjing Rabies di Kabupaten Dompu dengan sendirinya Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) KLB Rabies.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, kepada awak media di Dompu, Jum’at (01/02/2019) usai menghadiri acara jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi Gubernur NTB di halaman Pendopo Bupati Dompu.

Dikatakan, penanganan terhadap kasus rabies ini dilakukan secara keseluruhan di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. “Semua Kabupaten/Kota di NTB kami kirimkan obat untuk vaksin rabies, bukan hanya Dompu, ”kata Nurhandini.

Kadikes NTB juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, apabila terjadi serangan anjing rabies maka luka gigitan anjing rabies harus dibersihkan selama 15 menit dengan menggunakan sabun dan disiram dengan air yang mengalir.

“Segera untuk membawa korban untuk divaksin di Puskesmas terdekat, “ungkapnya, seraya menambahkan bahwa setiap korban serangan anjing rabies akan dirawat secara gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Dia juga mengingatkan masyarakat, jika sudah digigit anjing rabies jangan sampai telat mendapatkan vaksin, “Harus segera mendapatkan vaksin, ”imbuhnya.

Ketika ditanya ketersediaan vaksin untuk virus Rabies, Kepala Dikes NTB menegaskan bahwa Pemerintah Propinsi NTB tetap membackup setiap tahapan dalam penanganan Rabies. “Kami dari Pemprov ikut membackup obat untuk vaksin, “ungkapnya.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com