Korban DBD Terus Meningkat di Dompu

DOMPU,TRIBUN

Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Dompu terus meningkat. Tercatat sepanjang Januari 2019 ini, ada 2 orang meninggal dan 16 warga terkapar akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu yang dikomfirmasi melalui Kabid P2P Rahmat SKM., Rabu (30/1/2019) mengatakan, korban gigitan nyamuk mematikan ini tersebar di tiga kecamatan, Dompu, woja dan Kecamatan Hu’u.

Rahmat meminta warga Dompu mewaspadai meningkatnya penyakit tersebut, “kita mengalami situasi di mana demam berdarah terus meningkat di Dompu, “kata Rahmat ditemui dikantornya.

Menurutnya, peningkatan korban DBD itu menjadi ancaman serius. Oleh karena itu seluruh wilayah Dompu harus waspada karena fase waspada DBD tersebut dipengaruhi oleh peningkatan curah hujan dan perubahan iklim.

Masyarakat Dompu juga dihimbau untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan salah satu upaya untuk terhindar dari gigitan nyamuk Aedes Aegypty yakni menggalakan gerakan 3M. Gerakan 3M merupakan inisiatif pemerintah sebagai salah satu solusi pencegahan demam berdarah. 3M terdiri dari kegiatan menutup, menguras, dan mengubur objek-objek yang mendukung siklus hidup nyamuk.

“Tutuplah tempat yang bisa menampung air, baik di dalam maupun di luar rumah. Jika tidak diperlukan, tengkurapkan wadah-wadah yang bisa menampung air di luar rumah agar tidak tergenangi air hujan. Nyamuk betina memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelur, “ungkapnya.

Selain itu, kuraslah tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi satu hingga dua kali seminggu. Siklus metamorfosis nyamuk, mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa, berlangsung selama 8-10 hari. Dengan mengosongkan tempat-tempat penampungan air secara berkala, maka kita telah memutus siklus hidup nyamuk. Kemudian mengubur semua objek yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas atau wadah plastik.(TS/RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com