PTAMNT Lakukan Penanaman Ratusan Pohon di Jalan Samota

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

Guna menciptakan suasana asri di lingkungan sekitar jalan Samota Kabupaten Sumbawa, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) bersama mitra dari PT Selatan Maju Bersama (SMB) dan Lembaga Maju Bersama (LMB) melakukan penanaman ratusan pohon di wilayah setempat pada Minggu (13/1). Kegiatan ini melibatkan beberapa Kepala Sekolah, puluhan anggota Pramuka Sumbawa, juga beberapa organisasi pemuda.

Kepada Tribun Sumbawa, General Supervisor External Relationship PTAMNT – Zulkarnaen Qween mengungkapkan, penghijauan ini merupakan salah satu program lanjutan dari tahun 2016, dari beberapa program yang dicanangkan di Kabupaten Sumbawa. ‘’Ini adalah salah satu program kami di Sumbawa, jadi banyak program lain. Selain program penghijauan ini ada bidang olahraga, sosial budaya, keagamaan dan lainnya. Jadi kami tetap konsisten untuk setiap tahun. Untuk penghijauan ini sudah berjalan sekitar empat tahun,’’ terangnya.

Terhadap program penghujauan ini, kedepan pihakya mengaku akan terus berupaya meningkatkan kualitas dari program penghijauan yang dijalankan. Baik  dari segi jumlah bibit, maupun cakupan lokasi yang akan dihijaukan. Apalagi dibeberapa titik yang sudah pernah dilakukan penanaman pohon, hasilnya sudah terlihat sangat bagus, salah satunya di Taman Kerato. ‘’Kami akan berusaha tingkatkan kualitas. Karena penghijauan ini salah satu komitmen kami (AMNT), karena kami sangat peduli dengan lingkungan. Salah satu lokasi yang sudah berhasil adalah Taman Kerato. Walaupun bukan kami semua, tapi sebagian tanamannya dari kami. Dan Alhamdulillah kita bisa lihat hasilnya sekarang, termasuk di beberapa Kecamatan,’’ ungkapnya.

Ia harap kepada semua pihak, terutama instansi terkait di Pemda Sumbawa yang mengurus pertamanan, agar bersedia bersama-sama merawat tanaman yang sudah ditanam ini. Agar hasilnya tumbuh dengan baik, dan Sumbawa akan semakin asri. Begitu pula kepada masyarakat juga diharapkan peran sertanya untuk dapat menjaga tumbuh kembangnya tanaman tersebut. ‘’Tentu kami tidak bisa sepanjang masa mengawasi, merawat tanaman ini. Makanya kami mengajak kita semua untuk menjaga. Kepada instansi terkait yang punya alat untuk menyiram, kami mohon peran serta bersama-sama untuk bagaimana tanaman-tanaman ini bisa dijaga agar tumbuh dengan baik,’’ tuturnya.

Sementara Koordinator Program dari SMB/LMB – Ahmad Wahyu Hidayat mengungkapkan, dalam kegiatan ini ada sebanyak 200 bibit pohon seperti sonokling, johar, dan angsana yang ditanam ditepi jalan Samota.

Sebelumnya pada 7 Januari lalu juga sudah dilaksanakan kegiatan yang sama di Puskesmas Moyo Hulu, yakni melakukan penanaman 200 bibit pohon, seperti sonokling, johar, termasuk pohon buah-buahan seperti mangga, rambutan, klengkeng dan nangka. ‘’Jadi tetap kita bertanggungajwab untuk tumbuh dan hidupnya pohon ini. Bersama-sama dengan para pihak lainnya,’’ demikian Wahyu. (TS/002)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com