PLTD Serahkan CSR ke Pemdes Labuhan Sumbawa

Sumbawa Besar, Tribun

PLTD Sumbawa menyerahkan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 27.750.000, ke Pemerintah Desa Labuhan Badas, Rabu (05/12). Dana tersebut, oleh Pemdes Labuhan Sumbawa akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan pembangunan paping blok.

“Mudah-mudahan menjadi satu awal yang baik, meskipun dengan nilai terbatas,” kata Bambang Sapirin, Manager Bagian Keuangan, SDM dan Administriasi PT.PLN Sumbawa, di Aula Kantor Desa Labuhan Sumbawa.

Ia berharap, bantuan tersbut dapat memberikan efek domino, atau pemicu pertumbuhan ekonomi dan kehidupuan masyarakat, khususnya Desa Labuhan Sumbawa. Bantuan untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat, merupakan pertama kali diberikan.

“Kalau ada yang sifatnya kebutuhan masyarakat, silahkan mengajukan, tetap akan dipertimbangkan. Meski kami tidak dapat memberikan jaminan akan 100 persen terealisasi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya dana CSR dari PT.PLN telah disalurkan dalam bentuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, dan bidang pendidikan. Salain itu, juga disalurkan ke berbagai wilayah, antara lain untuk penanaman seribu mangorove di Kecamatan Alas dan kelompok pemburu madu, di Desa Semongkat.

“Ada kelompok berburu madu yang sudah menjadi ikon PLN sumbawa. Jadi kalau ada pameran dan segala macam yang terkait dengan bina lingkungan, dia yang kita sodorkan,” jelasnya.

Selain Kabupaten Sumbawa, dana CSR juga telah disalurkan di KSB antara lain untuk membantu petani Rumput Laut di Desa Kerta Sari. Ini sudah dua periode.

‘’ Mudah-mudahan, harapan kami dapat mengangkat ekonomi masyarakat yang ada sana. Karena disana itu mayoritas masyarakat pencahariannya rumput laut saja. Sekarang ditanam, begitu panen, jemur jual. Jadi nilai tambahnya tidak ada, cuma seperti itu,” jelasnya seraya menambahkan  dengan SCR tersebut diharapkan akan muncul home industry yang akan menambah nilai jual rumput laut Desa Kerta Sari.

Ditegaskan, penyaluran CSR dilakukan tidak semata untuk memenuhi kewajiban karena telah diatur dalam perundang-undangan. Melainkan tanggungjawab moral PT.PLN untuk mendorong ekonomi dan kehidupan masyarakt.

Sementara itu, Kamiruddin,S.Ap Kepala Desa Labuhan Sumbawa berharap, agar PT.PLN atau PLTD Sumbawa tetap memperhatikan masyarkat Desa Labuhan Sumbawa sebagai wilayah terdampak langsung keberadaan PLTD.

“Semoga tidak sampai disini saja. Karena masyarkat kita yang terkenda dampak langsung,” katanya.

Diungkapkan, bantuan tersebut akan digunakan untuk menyalurkan air bersih bagi warga Dusun Pancawarga. Selain itu, juga akan digunakan untuk pembangunan paping blok di Dusun Panimang. (Ts/011)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com