Antisipasi Gangguan Saat Ramadhan, PLN Sumbawa Gelar Pemeliharaan Jaringan

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

  1. PLN (Persero) Area Sumbawa menggelar pemeliharaan jaringan untuk mengantisipasi gangguan listrik pada bulan Ramadhan. Hal ini guna memberikan pelayanan listrik terbaik kepada masyarakat saat menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan yang dimulai dengan apel pagi, di kantor unit pelayanan lape, Rabu (24/5) lalu ini merupakan keempat kalinya yang dilakukan pihak PLN Sumbawa. Dimana wilayah Moyo Hilir, Moyo Hulu dan juga Lenangguar telah dilakukan pemeliharaan jaringan terlebih dahulu.

Manajer PT PLN Area Sumbawa melalui Asmen Jaringan PLN Sumbawa, Sutikno mengatakan, pemiliharan jaringan yang dilakukan adalah upaya PLN dalam mengantisipasi adanya gangguan yang terjadi pada bulan puasa. Menurutnya, pemdaman listrik sering terjadi akibat ranting-ranting pohon yang jatuh menimpa jaringan.

“Kita lakukan monitoring diseluruh jaringan listrik, dan melakukan perbaikan di titik-titik yang mengalami kerusakan, serta pemangkasan ranting pohon yang menjulur kearah kabel jaringan, agar tidak terjadi gangguan,” ujarnya pada Tribun Sumbawa, Rabu (24/5).

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari Liga Pelayanan Teknik (Yantek) yang merupakan perlombaan antar tim pemeliharaan jaringan yang diadakan PLN Wilayah NTB. Nantinya, tim tersebut akan dinilai dengan pengurangan poin apabila terjadinya gangguan dan penambahan poin dalam penanganan gangguan yang terjadi.

Diungkapkan Tikno-akrabnya, pembangkit dan jaringan PLN Sumbawa saat ini sudah relatif aman dalam mengaliri energi listrik kepada masyarakat. Sehingga pemadaman bergilir yang kerap kali terjadi saat Ramadhan diupayakan sudah tidak ada lagi. Sekalipun ada, itu dikarenakan faktor  gangguan lain yang tidak begitu parah. Meskipun demikian, pencapaian ini diharapkan tidak menjadikan masyarakat dengan mudahnya menggunakan listrik.

“Di bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti kita tetap harus bijak dalam penggunaan listrik. Pada saat tidak diperlukan kita matikan, jadi jangan sampai boros,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan pegelaran ini sendiri, PLN menerjunkan petugas gabungan dari seluruh wilayah PLN Area Sumbawa, baik itu bagian yang mengatasi jaringan, maupun petugas yang menangani masalah gangguan dan pemeliharaan. Hal ini guna pekerjaan dapat terselesaikan dengan efektif dan efisien.

“Tujuan gabungan ini agar penyebab gangguan itu cepat teratasi,” jelasnya.

Diharapkan Tikno, adanya dukungan masyarakat yang sekiranya dapat mengikhlaskan ranrting pohon untuk dirabas oleh individu masing-masing ataupun dari pihak PLN sendiri. Hal ini guna kontinuitas pasukan listrik kepada warga tetap terjaga. Adapun pekerjaan yang dilakukan pada saat itu yaitu penerabasan pohon, pemeliharaan jaringan seperti pergantian arester, isolator menegakan tiang yang miring. Kemudian pemeliharaan gardu, selain itu juga pemasangan alat untuk mencegah padamnya listrik lebih panjang jika terjadi gangguan pada wilayah lain. (Ts/010)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com